PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN DENGAN METODE QFD (STUDY KASUS:PERPUSTAKAAN KELURAHAN NGAGEL REJO)

  • Novia Alvi Andari Program Studi Teknik Industri, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Prihono Prihono Program Studi Teknik Industri, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Keywords: Kualitas, Layanan, Metode QFD, Perpustakaan

Abstract

Pendekatan dengan Metode QFD Untuk mengukur Pelayanan Perpustakaan Kelurahan sebagai sumber informasi merupakan tingkat keunggulan dalam kualitas layanan. Kegiatan perpustakaan yang langsung dirasakan oleh pengguna adalah pelayanan, pelayanan yang berkualitas harapan bagi setiap pengguna perpustakaan. Evaluasi terhadap kualitas pelayanan perpustakaan dapat memberikan gambaran untuk memberikan masukan dalam memprediksi dan memperbaiki pelayanan perpustakaan dalam pencapaian kualitas layanan yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan perpustakaan Kelurahan Ngagel Rejo.Dengan metode QFD (Quality Function Deployment) pengukuran kualitas pelayanan yang detail dengan mengidentifikasi atribut kebutuhan pelanggan serta tingkat kepentingan dan kepuasan atribut. Perancangan penelitian ini menggunakan pengambilan random sampling dengan Rumus Bernoulli. Dari 15 Atribut dengan nilai rata-rata 4, 5 ada beberapa atribut dengan nilai rata-rata 4,3 ada 1 atribut, dengan nilai 4,4 ada 4 atribut , dengan nilai 4,5 ada 7 atribut dan sisanya bernilai 4,6. Nilai rata-rata dalam penelitian ini pengunjung puas akan kinerja yang didaptkan dari petugas Perpustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor – faktor dari kualitas layanan mempengaruhi kepuasan pengunjung dan masih disarankan untuk pengembangan layanan yang lebih baik kedepannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Pramasatya, A. G., Wulandari, S., & Tripiawan, W. (2017). Peningkatan Kualitas Layanan Pendidikan Pada TK Sandhy Putra Menggunakan Metode QFD Improving The Quality Of Educational Services In Sandhy Putra Kindergarten Using QFD Method. 4(3), 4278–4285.

Prihono. (2011). Disain Layanan Kendaraan Umum Untuk Wanita Berbasis Fuzzy-Kano Quality Function Deployment (QFD). Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Rambe, M. H. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Perustakaan Koa Medan Dengan Metode Quality Function Deployment (QFD). Universitas Sumatera Utara.

Rosyikna, U., Pusporini, P., & Fathoni, M. Z. (2018). Perbaikan Pelayanan Uji Laboratorium Lingkungan Menggunakan Metode Kano Dan Quality Function Deployment ( QFD ) ( Studi Kasus : UPT Laboratorium Uji Kualitas Lingkungan , Gresik ). Jurnal Sistem.

Saadah, R. H. (2018). Pengaruh Layanan Perpustakaan Terhadap Kepuasan Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya. Universitas Negeri Sunan Ampel.

Sarwono, S., Isbandini, I., & Rahayu, D. (2018). Analisis Tingkat Kepuasan Pemustaka Terhadap Layanan Electronic Theses and Dissertations (ETD) Perpustakaan UGM dengan Menggunakan Metode LibQUAL +TM. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 6(2), 299. https://doi.org/10.21043/libraria.v6i2.4153

Published
2022-10-31
How to Cite
Andari, N., & Prihono, P. (2022). PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN DENGAN METODE QFD (STUDY KASUS:PERPUSTAKAAN KELURAHAN NGAGEL REJO). Heuristic, 19(2), 101-112. Retrieved from https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/HEURISTIC/article/view/7994
Section
Articles