PENERAPAN RULA DAN REBA DALAM MENGATASI KELELAHAN OPERATOR MESIN ROLL BOTTOM

  • Ayu Dwi Candra Kartika Program Studi Teknik Industri, Universitas PGRI Adi Buana Surabay
  • M. Nushron Ali Mukhtar Program Studi Teknik Industri, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Keywords: Postur Kerja; Kelelahan; Ergonomi; Data Antropometri; Operator Mesin Roll Bottom

Abstract

Postur kerja sangat berpengaruh pada produktivitas kinerja karyawan. Postur kerja yang kurang nyaman dapat menurunkan produktivitas. Upaya yang dapat dilakukan guna mencegah ketidaknyamanan adalah dengan menggunakan sarana yang memadai. Penggunaan sarana yang tidak memadai dapat menyebabkan kelelahan bagi pekerja. Kelelahan merupakan ekspresi anggota tubuh dalam menunjukkan waktu istirahat setelah beraktivitas. Kelelahan yang dialami oleh operator mesin roll bottom terdapat pada paha kanan dan kiri, betis kanan dan kaki kanan. Oleh karenanya, perlu dilakukan analisis dan tindak lanjut untuk mencegah menurunnya produktivitas yang menyebabkan kecelakaan kerja. Melalui analisis RULA dan REBA akan dilakukan analisa kelelahan dan pengukuran posisi kerja sesuai dengan kondisi pekerja. Pada tahap analisis RULA, posisi operator berada di final score 6 berarti analisis lebih lanjut, segera dilakukan perubahan. Sedangkan analisis REBA memiliki final score 9 yang artinya perlu tindakan secepatnya. Berdasarkan hasil analisis RULA dan REBA tersebut, maka dilakukan re-design terhadap kursi guna dapat  mengurangi final score dari analisis tersebut. Setelah dilakukan re-design maka dilakukan analisis yang menunjukkan bahwa RULA memiliki final score 2 yang artinya postur dapat diterima. Sedangkan REBA memiliki final score 3 yang artinya resiko rendah. Hal ini menunjukkan bahwa metode RULA dan REBA merupakan solusi yang tepat bagi permasalahan operator mesin roll bottom.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chanty, E. (2019). Analisis Fasilitas Kerja Dengan Pendekatan Ergonomi REBA dan RULA di Perusahaan CV. Anugerah Jaya. JISO: Journal of Industrial and Systems Optimization, 2(2), 87–93.

Dewi, B. M. (2018). Hubungan Antara Motivasi, Beban Kerja, Dan Lingkungan Kerja Dengan Kelelahan Kerja. Indones J Occup Saf Heal, 7(1), 20.

Dewi, N. F. (2020). Identifikasi risiko ergonomi dengan metode nordic body map terhadap perawat poli RS X. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 2(2), 125–134.

Febrilliandika, B., & Nasution, A. E. (2020). Pengukuran Beban Kerja Mental Kuliah Daring Mahasiswa Teknik Industri Usu Dengan Metode Nasa-Tlx. Seminar Dan Konferensi Nasional IDEC, 1, 1–7.

Fitra, D., & Suhaidi, M. (2020). Penerapan Data Antropometri Siswa Dalam Perancangan Tempat Berwhudu di SDIT ATH Thaariq-2 Dumai. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masyarakat), 4(1), 1–10.

Mukhtar, M. N. A., & Koesdijati, T. (2018). Analisis Postur Kerja pada Operator Mesin Pond dengan Menggunakan Metode RULA. Prosiding Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian (SNHRP), 939–946.

Pambud, I. T., Mukhtar, M. N. A., & Kartika, A. D. C. (2022). Applied Ergonomic Design Of E-Bike With Antropometric Approach. Tibuana, 5(2), 127–134.

Saleh, A. R., & Utomo, H. (2018). Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, Etos Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Produksi di PT. Inko Java Semarang. Among Makarti, 11(1).

Sembiring, E. A. (2019). Pengaruh Metode Pencatatan Persediaan Dengan Sisitem Periodik Dan Perpetual Berbasis Sia Terhadap Stock Opname Pada Perusahaan Dagang Di Pt Jasum Jaya. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(1), 69–77.

Sulaiman, F., & Sari, Y. P. (2018). Analisis Postur Kerja Pekerja Proses Pengesahan Batu Akik Dengan Menggunakan Metode REBA. Jurnal Teknovasi: Jurnal Teknik Dan Inovasi Mesin Otomotif, Komputer, Industri Dan Elektronika, 3(1), 16–25.

Suryatman, T. H., & Ramdani, R. (2019). Desain Kursi Santai Multifungsi Ergonomis Dengan Menggunakan Pendekatan Antropometri. Journal Industrial Manufacturing, 4(1), 45–54.

Tiogana, V., & Hartono, N. (2020). Analisis Postur Kerja Dengan Menggunakan REBA dan RULA di PT X. Journal of Integrated System, 3(1), 9–25.

Published
2023-04-30
How to Cite
Kartika, A., & Mukhtar, M. N. (2023). PENERAPAN RULA DAN REBA DALAM MENGATASI KELELAHAN OPERATOR MESIN ROLL BOTTOM. Heuristic, 20(1), 13-24. https://doi.org/10.30996/heuristic.v20i1.8867
Section
Articles