RANCANG BANGUN APLIKASI PERHITUNGAN BIAYA PRODUKSI PRODUK MESIN PERAJANG DI UD. BAJA KARYA LOGAM

  • Istantyo Yuwono Teknik Industri, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Zainal Arief Teknik Industri, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Mochammad Singgih Teknik Industri, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords: Mesin Perajang; Biaya Produksi; HPP

Abstract

UD. Karya Logam Steel yang didirikan pada tahun 2011, usaha yang dimiliki oleh Bapak Kuswoto diawali dengan mendirikan usaha bengkel bubut yang membuka jasa pembubutan waktu dan banyaknya permintaan pembuatan mesin chopper. Dalam menentukan harga jual UD. Karya Logam Steeltidak menggunakan metode perhitungan harga pokok produksi, perhitungan dilakukan dengan menggunakan metode manual. Pencatatan manual ini menyebabkan kesulitan pada saat mencari data, data tidak akurat, dan juga tidak lengkap, bahkan terkadang tidak ada pencatatan sehingga menyebabkan karyawan dan pemilik mengalami kesulitan ketika ingin mengetahui harga pokok produksi suatu produk chopper. Perusahaan ini membutuhkan sistem informasi perhitungan untuk memudahkan perusahaan dalam menghasilkan laporan. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan informasi harga pokok produksi, pegawai yang sudah ada tidak perlu lagi melakukan pencatatan secara manual, pegawai hanya perlu menginput data biaya ke dalam aplikasi web. Salah satu perangkat lunak basis data yang dapat merancang suatu sistem untuk melakukan proses perhitungan harga pokok produksi adalah aplikasi web. Setelah dilakukan penelitian ini, diperoleh kinerja yang lebih baik dan mampu menentukan harga pokok produksi dengan lebih cepat dan efisien sehingga menghemat waktu dan tenaga. Dengan adanya aplikasi web ini diharapkan dapat membantu kinerja karyawan di UD. Karya Logam Steel. diperoleh kinerja yang lebih baik dan mampu menentukan harga pokok produksi dengan lebih cepat dan efisien sehingga menghemat waktu dan tenaga. Dengan adanya aplikasi web ini diharapkan dapat membantu kinerja karyawan di UD. Karya Logam Steel. diperoleh kinerja yang lebih baik dan mampu menentukan harga pokok produksi dengan lebih cepat dan efisien sehingga menghemat waktu dan tenaga. Dengan adanya aplikasi web ini diharapkan dapat membantu kinerja karyawan di UD. Karya Logam Steel.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abas Kartadinata. (2008). Teori Akuntansi. PT. Gelora Aksara Pratama.

Abdullah, T., & Tantri, F. (2012). Manajemen Pemasaran. PT Raja Grafindo Persada.

Agus Mulyanto. (2009). Sistem Informasi Konsep dan Aplikasi. Pustaka Pelajar.

Dewiningrum, Restiannisa, K., & Sutopo, W. (2012). Penerapan Postponement Strategy Dalam Supply Chain Untuk Menghasilkan Produk Yang Mengutamakan Kepuasan Konsumen Dan Meningkatkan Profit Perusahaan. Jurnal Rekayasa, 5(1), 31–36.

Heizer, J. dan BR (2017). Manajemen Operasi (Edisi ke-11). Terjemahan oleh Dwi anoegrahwati S dan IndraAlmahdy.

Mulyadi. (2015). AKUNTANSI BIAYA (edisi ke-5). UPP STIM YKPN Universitas Gadjah mada.

Muslihun, M., & Oktafianto. (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML. CV ANDI OFFSET.

Nafarin. (2009). Pengagaran perusahaan. Salemba Empat.

Nazaruddin. (2011). Android (Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android). Di Informatika.

Nurhayati. (2004). Perbandingan Sistem Biaya Tradisional Dengan Sistem Biaya ABC. Program Studi Teknik Industri Universitas Sumatera Utara.

Rizky, S. (2011). Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Prasatasi pustaka.

Sunarto. (2004). Sunarto. 2004. Akuntansi Biaya. AMUS Yogyakarta.

TMBooks. (2017). Sistem Informasi Akutansi: Esensi & Aplikasi (TMBooks (ed.); 1st ed.).
Published
2023-04-30
How to Cite
Yuwono, I., Arief, Z., & Singgih, M. (2023). RANCANG BANGUN APLIKASI PERHITUNGAN BIAYA PRODUKSI PRODUK MESIN PERAJANG DI UD. BAJA KARYA LOGAM. Heuristic, 20(1), 119-126. https://doi.org/10.30996/heuristic.v20i1.8927
Section
Articles