PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Property dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011 – 2015 )
Abstract
ABSTRACT
The purpose of this research is to analyze (1) The influence of Corporate
Social Responsibility (CSR) to firm value. (2) Profitability moderating
influence on the relationship of Corporate Social Responsibility (CSR) to firm
value. The population used in this research is a manufacturing company sector
property and real estate sector listed in Indonesia Stock Exchange (IDX) years
2011-2015. The sample was 11 companies using purposive sampling
method.Data analysis techniques include (1) Descriptive Statistics (2) Classic
Assumption Test: Normality, Multikolinierity, Heteroskedastisity and
Autocorrelation (3) Multiple Linear Regression Analysis (4) Goodness of Fit
Test : (a) The Coefficient of Determination (b) Statistic Test F (5) Hypothesis
test using Test Statistic t. The results of this research showed that (1)
Corporate Social Responsibility (CSR) influence negative and significant to
firm value. (2) Profitability in this research is proxied by Net Profit Margin
(NPM), Return on Assets (ROA) and Return On Equity (ROE) : (a)
Profitability is proxied by Net Profit Margin (NPM) able to moderate the
influence of relationship Corporate Social Responsibility (CSR) to corporate
value is profitability weaken the influence of relationship Corporate Social
Responsibility (CSR) to firm value (b) Profitability is proxied by Return on
Assets (ROA) was not able to moderate the influence of relationship
Corporate Social Responsibility (CSR) to firm value (c) Profitability is
proxied by Return On Equity (ROE) was not able to moderate the influence
of relationship Corporate Social Responsibility (CSR) to firm value.
Keywords : Corporate Social Responsibility, Profitability, Firm Value
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Agustine, Ira. 2014. Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan.
Jurnal Manajemen Keuangan Vol.2 No.1 .Universitas Kristen Petra, Surabaya.
Brigham dan Houston. 2010. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Buku 1 Edisi 11. Jakarta
: Salemba Empat.
Dahlia, L. dan S.V Siregar. 2008. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja
Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia pada
Tahun 2005 dan 2006). Pontianak: Simposium Nasional Akuntansi XI, 1-27.
Deriyaso, I. 2014. Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate
Social Responsibility Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Perusahaan
Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Skripsi. Universitas Diponegoro
: Semarang.
Efni, Yulia. 2011. Pengaruh keputusan investasi, keputusan pendanaan, dan kebijakan deviden
terhadap nilai perusahaan (studi pada sektor property dan real estate di Bursa Efek
Indonesia). Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Universitas Riau.
Ghozali, Imam dan Anis Chariri. 2007. Teori Akuntansi. Semarang : Badan Penerbit
Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Edisi
Kelima. Semarang : Penerbit Universitas Diponegoro.
Gunawan, B. dan Utami, S.S. 2008. Peranan Corporate Social Responsibility dalam Nilai
Perusahaan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Volume 7, Nomor 2 :174-185. Universitas
Muhammadiyah Yoyakarta.
Hadi, R.K. 2015. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap
Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia Yang
Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi S1 Akuntansi. Universitas Jember.
Hery. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia
Husnan, Suad dan Pudjiastuti, Enny. 2007. Manajemen Keuangan Edisi Kelima.Yogyakarta
: UPP AMP YKPN.
Suharto, I. 2015. Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Good Corporate
Governance terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor
Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2011-2013). Skripsi. Universitas Negeri
Semarang.
Kasmir. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Keown, A.J. 2004. Manajemen Keuangan Jilid 1. Jakarta : Penerbit Indeks.
Kusumadilaga, R. 2010. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan
dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating. Skripsi. Universitas Diponegoro :
Semarang.
Mamduh M. Hanafi dan Abdul Halim. 2009. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta : Unit
Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.
Nurlela R. dan Islahuddin. 2008. Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai
Perusahaan dengan Prosentase Kepemilikan Manajemen sebagai Variabel Moderating.
(Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta). Skripsi S1
Ekonomi. Universitas Syiah Kuala.
Puspaningrum, Yustisia. 2014. Pengaruh Corporate Social Responsibility Dan Kepemilikan
Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan
Sebagai Variabel Moderating. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Putra, I. B. D. dan Made, G.W. 2015. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility
Pada Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Pemoderasi. Jurnal Akuntansi,
Vol.13, No.2. Universitas Udayana.
Putri, F.A. 2014. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas Perusahaan
(Studi pada Indeks SRI-KEHATI yang Listing di BEI periode 2010-2012). Jurnal
Administrasi Bisnis Volume 12, Nomor 1. Universitas Brawijaya.
Ramadhani, L.S. 2012. Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan
dengan Prosentase Kepemilikan Manajemen sebagai Variabel Moderating pada
Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas
Diponegoro : Semarang.
Retno, R.D. dan Priantinah, D. 2012. Pengaruh Good Corporate Governance Dan
Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan (Studi
Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2010).
Jurnal Nominal Volume 1 ,Nomor 1.
Rustiarini, N.W. 2010. Pengaruh Corporate Governance Pada Hubungan Corporate Social
Responsibility dan Nilai Perusahanan. Simposium Nasional Akuntansi XIII.
Palangkaraya.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Suharto, Edi. 2007. Pekerjaan Sosial di Dunia Industri: Memperkuat Tanggung jawab Sosial
Perusahaan (Corporate Social Rensposibility). Bandung: Refika Aditama.
Wahyuni, T., Ernawati, E., dan Murhadi, W. R. 2013. Faktor-faktor yang mempengaruhi nilai
perusahaan di sektor property, real estate & building construction yang terdaftar di BEI
periode 2008-2012. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol.2 No.1.
Weston, J.F. dan Copeland. 2008. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Jilid II. Jakarta:
Erlangga.
Wibisono. 2007. Membedah Konsep dan Aplikasi Corporate Social Responsibility.
Surabaya : Media Grapka.
http://www.sahamok.com/emiten/sektor-property-real-estate/sub-sektorpropertyrealestate/diakses
tanggal
september
pada
pukul
00
http://www.bpkp.go.id/public/upload/unit/dan/files/Pdf/Undang-Undang-tahun-2007-4007.pdf
di
akses
tanggal
september
pada
pukul
20
http://isoindonesiacenter.com/sekilas-tentang-iso-26000/ diakses tanggal 13 oktober 2016 jam
pada pukul 15.32
https://www.globalreporting.org/resourcelibrary/Bahasa-Indonesian-G4-PartTwo.pdf di akses
tanggal 13 oktober 2016 pada pukul 21.19
Joe Hartanto, 2009 diakses Selasa tanggal 6-12 2016 pada pukul 9.35
http://www.joehartanto.com/property-vs-real-estate/
investments.com/id/bisnis/profilperusahaan/intilanddevelopment/item556? diakses 7
desember pada pukul 20.00
Sejarah dan profil singkat perusahaan property dan real estate http://www.britama.com diakses
desember pada pukul 13.15
YASIN, MUHAMMAD, and KASINO KASINO. "ANALISIS PENGARUH PAD DAN BELANJA PEMBANGUNAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN DAERAH DI KABUPATEN dan KOTA seJAWA
TIMUR." JEB17: Jurnal Ekonomi dan Bisnis 3, no.02(2018).
Authors whose manuscript is published will approve the following provisions:
- The right to publication of all journal material published on the JEA17: Jurnal Ekonomi Akuntansi website is held by the editorial board with the author's knowledge (moral rights remain the property of the author).
- The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA) license, which means JEA17: Jurnal Ekonomi Akuntansi reserves the right to store, modify the format, administer in the database, maintain and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
- Printed and electronically published manuscripts are open access for educational, research, and library purposes. In addition to these objectives, the editorial board shall not be liable for violations of copyright law.