MEDIASI UKURAN PERUSAHAAN ANTARA TAX AVOIDANCE DAN LEVERAGE TERHADAP COST OF DEBT

  • Artauli Angel Situmeang Universitas Advent Indonesia
  • Harlyn L. Siagian Universitas Advent Indonesia
Keywords: tax avoidance, leverage, ukuran perusahaan, cost of debt

Abstract

Maksud dari penelitian ialah untuk mencari tahu dan menganalisis mediasi ukuran dari perusahaan antara tax avoidance serta leverage pada cost of debt. Penelitian bersifat kuantitatif dan memanfaatkan data sekunder dari laporan tahunan perusahaan manufaktur sektor industri consumer non-cyclicals subsektor makanan dan minuman yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia selama rentang waktu 2016 hingga 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode purposive sampling dengan populasi objek penelitian sebanyak 10 perusahaan selama periode 4 tahun dan sampel sebanyak empat puluh data. Metode analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji asumsi klasik, analisis jalur, uji F, uji t dan analisa regresi berganda dengan menggunakan SPSS dua puluh empat. Hasil analisis menyimpulkan bahwa tax avoidance dan leverage tidak berpengaruh secara langsung atas ukuran perusahaan. Tax avoidance, leverage dan ukuran dari perusahaan berpengaruh secara signifikan pada cost of debt. Secara tidak langsung, tax avoidance serta leverage melalui ukuran perusahaan tidak berpengaruh langsung pada cost of debt.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, A & Badjra, I.B. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Aktiva Tidak Berwujud, Ukuran Perusahaan, Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(4), 2161-2190.

Firmansyah, A & Triastie, G.A. (2021). Bagaimana Peran Tata Kelola Perusahaan Dalam Penghindaran Pajak, Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perushaan, Pengungkapan Risiko, Efisiensi Investasi. Indramayu: Penerbit Adab.

Indriyani, E. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Akuntabilitas: Jurnal Ilmu Akuntansi, 10(2), 333-348.

Mahawyahrti, P.T & Budiasih, I.G.A.N. (2016). Asimetri Informasi, Leverage, Dan Ukuran Perusahaan Pada Manajemen Laba. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, 11(2), 100-110.

Nurdiniah, D & Munandar, A. (2020). Analisis Hubungan Dewan Komisaris Independen, Voluntary Disclosure, Firm Size, Dan Cost Of Debt. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB), 5(1), 245-256.

Oktamawati, M. (2017). Pengaruh Karakter Eksekutif, Komite Audit, Ukuran Perusahaan, Leverage, Pertumbuhan Penjualan, Dan Profitabilitas Terhadap Tax Avoidance. Jurnal Akuntasi Bisnis, 15(1), 23-40

Prasetia, T.E; Tommy, P & Saerang, I.S. (2014). Struktur Modal, Ukuran Perusahaan Dan Risiko Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Otomotif Yang Terdaftar Di BEI. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(2).

Riduwan & Kuncoro, E.A. (2011). Cara Menggunakan dan Memakai Analisis Jalur (Path Analysis). Cetakan Ketiga. Bandung: Alfabeta.

Sugiyanto, Fitria, J.R. (2019). The Effect Karakter Eksekutif, Intensitas Modal, Dan Good Corporate Governance Terhadap Penghindaran Pajak. Prosiding Seminar Nasional Humanis 2019, 447-461.

Suryagari, V.L & Ismiyanti, F. (2017). Pengaruh Corporate Hedging Cost Of Debt. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, 10(2), 187-204.

Published
2021-04-30
Section
Articles