INFORMASI TUJUAN WISATA DI KOTA BLITAR

  • Ghanny Ghiffary M Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Roenadi Koesdijarto Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Abstract

Pariwisata adalah hal yang paling bernilai bagi suatu daerah tertentu untuk meningkatkan potensi Anggaran Pendapatan Daerah (APD). Dengan adanya tujuan wisata di suatu daerah tertentu akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Salah satunya adalah kota Blitar yang memiliki banyak sekali potensi untuk pariwisatanya, jika didukung dengan perkembangan sarana dan prasarana lebih jauh maka akan dapat meningkatkan potensi pariwisata di kota Blitar. Penggunaan Teknologi Informasi (TI) dapat digunakan untuk mendukung dan memajukan potensi pariwisata, sehingga pariwisata dapat lebih banyak dikenal oleh turis yang berkunjung ke kota Blitar. Dari hal ini maka dibuatlah mobile app yang mendukung informasi tentang pariwisata di kota Blitar. Aplikasi yang dikembangkan menggunakan platform Android. Dengan sistem distribusi secara open source yang digunakan dapat memungkinkan para pengembang untuk menciptakan berbagai aplikasi menarik yang dapat dinikmati oleh para pengguna, seperti game, chatting dan banyak lagi. Salah satunya adalah pengembangan aplikasi tur gouide di kota Blitar yang dapat membantu orang memberikan informasi pada pariwisata jarang dikunjungi di Blitar. Tujuan dari aplikasi program ini untuk membantu orang mengenal lebih dekat tempat pariwisata yang ada Blitar. Aplikasi tour guide Blitar berbasis kota android memberikan informasi pariwisata yang ada Blitar, sejarah Blitar, restoran, hotel, transportasi di kota dan agenda acara tahunan Blitar yang ada di kota Blitar. Di tempat manapun juga dengan rute google maps menurut situs yang akan dikunjungi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mufti Yusuf. (2015). Panduan Mudah Google Map Android, Yogyakarta. CV. ANDI OFFSET.

Akhmad, A.W. dan Bowo Nurhadiono. (2013). Aplikasi Mobile Lokasi Objek Wisata Kota Dan Kabupaten Tegal Berbasis Android. Universitas Dian Nuswantoro Semarang

Bondan, D.H, (2014). Sistem Informasi Obyek Wisata (Tour Guide) Secara Real Time Menggunakan GPS Di Bogor Via Mobile Berbasis Android. Universitas Indraprasta PGRI

Mustika, D.K. (2013). Sistem Informasi Parawisata Pada Kabupaten Malang Berbasis Android. STIMIK AMIKOM YOGYAKARTYA.

Kota Blitar, http://www.blitarkota.go.id/ (diakses 26-09-2016)

PHP, http://www.duniailkom.com/pengertian-dan-fungsi-php-dalam-pemograman- web/ (diakses 07-06-2016)

UML, http://myblog.adhityapradypta.id/2016/02/use-case-diagram.html (diakses 07-10-2016)

Client Server, https://www.academia.edu/7651379/MATERI_4_Aplikasi_Client-Server_Menggunakan_Android_PHP_dan_MySQL_Memahami_Aplikasi_Client-Server_Memahami_program_server_dengan_PHP (diakses 19-10-2016)

Android Studio, http://www.jadibaru.com/android/pengenalan-android-studio-2/ (diakses 4-1-2017)

XAMP,http://www.dosenpendidikan.com/pengertian-komponen-dan-fungsi-xampp-lengkap-dengan-penjelasannya/ (diakses 4-1-2017)

Published
2016-07-15
Section
Articles