PENGGUNAAN WEBQUAL UNTUK PENENTUAN TINGKAT KEBERGUNAAN PADA WEBSITE (STUDI KASUS PADA TEKNIK SIPIL UNTAG SURABAYA)

  • Supangat Supangat Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Abstract

Ide usability berpusat pada konsep membuat antarmuka website lebih ramah pengguna tanpa melihat kompetensi dari pengguna tersebut. Berkaitan dengan hal tersebut, maka berdasarkan pernyataan tersebut untuk dalam penelitian ini akan dilakukan evaluasi website program studi Teknik Sipil Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, dikarenakan telah mempunyai website yang dapat diakses oleh publik dan telah melakukan perubahan beberapa kali berdasarkan sudut pandang internalnya, tetapi belum pernah melakukan evaluasi kebergunaan untuk mengetahui tingkat kepuasan dari penggunanya. Mengingat dengan semakin berkembangnya jumlah pengguna yang pesat dari web site pada saat ini, prodi teknik sipil tersebut ingin mengetahui tingkat kebergunaan website yang dimilikinya berdasarkan persepsi pengguna atau pengunjung, sebagai bagian dari rencana pengembangan website sesuai dengan aspek user experience yang semakin penting untuk era ini. Pada penelitian ini dilakukan survei dengan bantuan kuesioner dan dibagikan ke 200 responden. Metode pengukuran menggunakan WebQual versi 4.0 dengan menyertakan tiga dimensi kebergunaan. Hasil penelitian, hampir sebagian besar pengguna menyatakan kepuasan terhadap website prodi teknik sipil, dengan hasil 57.70% responden menyatakan memuaskan pada aspek usabilitas, 52.27% responden menyatakan memuaskan pada aspek kualitas informasi, dan 54.86% responden menyatakan memuaskan pada aspek kualitas informasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

AL- MANASRA, E., ZAID, S. A., & QUTAISHAT, F. (2013). INVESTIGATING THE IMPACT OF WEBSITE QUALITY ON CONSUMERS’ SATISFACTION. ARAB ECONOMIC AND BUSINESS JOURNAL, 31–37.

Cebi, S. (2013). Determining importance degrees of website design parameters based on interactions. Decision Support Systems, 1030–1043.

Cheng, Y.-H. (2011). Evaluating web site service quality in public transport: Evidence. TRANSPORTATION RESEARCH PART C, 957-974.

Fitriyana, F., Mustafid, & Suparti. (2013). Pengaruh Kualitas Website Terhadap Nilai Yang Dipersepsikan, Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Pada Online Shop. Jurnal Gaussian, 98-108.

Fogli, D., & Guida, G. (2015). A practical approach to the assessment of quality in use of corporate web sites. The Journal of Systems and Software 99, 52–65.

Hayati, N. (2015). Pemilihan Metode Yang Tepat Dalam Penelitian (Metode Kuantitatif Dan Metode Kualitatif). Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 345-357.

Hermanto, A., Supangat, & Mandita, F. (2017). Evaluasi Usabilitas Layanan Sistem Informasi Akademik Berdasarkan Kombinasi ServQual dan Webqual Studi Kasus : SIAKAD Politeknik XYZ. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, 33-39.

Kim, H., & Niehm, L. S. (2009). The Impact Of Website Quality On Information Quality, Value, And Loyalty Intentions In Apparel Retailing. Journal Of Interactive Marketing, 221-233.

Lohr, S. (2010). Sampling: Design and Analysis, Second. Boston, MA 02210: Cengage Learning.

Matondang, Z. (2009). Validitas Dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, 97-97.

Mohd Sam, M., & Hayati Tahir, M. (2009). Website Quality And Consumer Online Purchase Intention Of Air Ticket. International Journal of Basic & Applied Sciences Vol.09 No.10, 4-9.

Orehovacki, T., Granic, A., & Kermek, D. (2013). Evaluating the perceived and estimated quality in

use of Web 2.0 applications. The Journal of Systems and Software, 3039– 3059.

Santoso, B. S., & Anwar, M. F. (2016). Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual Dan Importance - Performance Analysis (IPA) Pada Situs Kaskus. National Conference on Information Technology and Technical Engineering (CITEE). Yogyakarta: citee.

Tarigan, J. (2008). User Satisfaction using WebQual Instrument : A Research on Stock Exchange of Thailand. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 34-37.

Published
2016-07-15
Section
Articles