PENENTUAN MINAT BAKAT MENGGUNAKAN METODE BAYES BERBASIS WEB
Abstract
Penentuan minat bakat seseorang, di tentukan seorang psikologi/pakar membutukan waktu yang cukup lama untuk menganilasa jawaban dan mendapatkan output tes dari perhitungan dengan metode tertentu secara manual. Dalam hal ini penentuan minat bakat siswa siswi sma yang mau melanjutkan ke perguruan tinggi di arahkan untuk memilih jurusan studi berdasarkan minat dan bakat agar lebih fokus untukberkembang sesuai minat dan bakat nya. Jurusan yang tidak tepat bisa sanggat merugikan para siswa-siswi dan masa depanya Dalam penelitian ini aplikasi penentuan minat – bakat dibuat untuk memberikan saran ke pada siswa-siswi yang mau melanjutkan ke perguruan tinggi. Akan ada data yang di berilkan kepada siswa-siswi kemudian di isi dan data tersebut di proses dengan menggunakan metode bayes berdasarkan dataset yang yang menjadi acaun pennetuan. Gambaran mengenai penentuan mengunakan metode bayes ada data di kelolah menggunakan metode bayes dan hasil perhitungan nya yang terbesar merupakan hasil dari minat – bakat berdasarkan data yang di inputkan oleh siswa-siswi. Aplikasi penentuan minat bakat siswa-siswi sma mengunakan metode bayes dengan memakai bahasa pemogram PHP dan Mysql sebagai basis datanya. dan datasetnya yang sebagai basis data untuk penentuan minat bakat di dapat dari lembaga psikologi.
Downloads
References
D. J. Reschly and C. Robinson-Zañartu, “Evaluation of Aptitudes,” in Handbook of Psychological Assessment, 3rd ed., G. Goldstein and M. Hersen, Eds. Oxford, UK: Pergamon, 2000, pp. 183–201.
A. Etz and J. Vandekerckhove, “Introduction to Bayesian Inference for Psychology,” Psychonomic Bulletin and Review, vol. 25, no. 1, pp. 5–34, 2018.
E. J. Wagenmakers et al., “Bayesian inference for psychology. Part I: Theoretical advantages and practical ramifications,” Psychonomic Bulletin and Review, vol. 25, no. 1, pp. 35–57, 2018.
R. van de Schoot, D. Kaplan, J. Denissen, J. B. Asendorpf, F. J. Neyer, and M. A. G. van Aken, “A Gentle Introduction to Bayesian Analysis: Applications to Developmental Research,” Child Development, vol. 85, no. 3, pp. 842–860, 2014.
R. Bekele and W. Menzel, “A Bayesian Approach To Predict Performance Of A Student (BAPPS): A Case with Ethiopian Students,” in Conference: IASTED International Conference on Artificial Intelligence and Applications, part of the 23rd Multi-Conference on Applied Informatics, Innsbruck, Austria, February 14-16, 2005, 2005, pp. 189–194.
A. Latubessy and R. Fiati, “Analisa Dan Perancangan Model Keputusan Bakat Dan Minat Anak,” Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 1, p. 37, 2015.
R. P. D. Tutuko and S. Winiarti, “Pengembangan Sistem Pendukung Keputusan Dengan Penerapan Model Kriteria Bayes dan Model AHP Dalam Penentuan Jurusan (Studi Kasus : SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro),” Jurnal Sarjana Teknik Informatika, vol. 3, no. 1, pp. 230–240, 2015.
A. Sukmaindrayana and Sarmidi, “Aplikasi alat bantu penentu bakat dan minat anak dengan menggunakan metode bayes,” Jutekin:Jurnal Teknik Informatika, vol. 4, no. 2, pp. 11–20, 2016.
Rusito and Y. Fitrianto, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Bakat dan Minat Olahraga Siswa SMP Dengan Metode Bayes,” in Prosiding SNST ke-8, 2017, pp. 53–58.
H. Kristanto, Konsep dan Perancangan Database. Yogyakarta: Andi Offset, 1996.
Authors whose manuscript is published will approve the following provisions:
- The right to publication of all journal material published on the Konvergensi Teknologi Informasi & Komunikasi website is held by the editorial board with the author's knowledge (moral rights remain the property of the author).
- The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA) license, which means Konvergensi Teknologi Informasi & Komunikasi reserves the right to store, modify the format, administer in database, maintain and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
- Printed and electronic published manuscripts are open access for educational, research and library purposes. In addition to these objectives, the editorial board shall not be liable for violations of copyright law.