PENENTUAN MINAT BAKAT MENGGUNAKAN METODE BAYES BERBASIS WEB

  • Joseph Eky Manurung Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Eviana Tjatur Putri STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati, Tarakan
Keywords: talent, interest, Psychological, Bayes

Abstract

Penentuan minat bakat seseorang, di tentukan seorang psikologi/pakar membutukan waktu yang cukup lama untuk menganilasa jawaban dan mendapatkan output tes dari perhitungan dengan metode tertentu secara manual.  Dalam hal ini penentuan minat bakat siswa siswi sma yang mau melanjutkan ke perguruan tinggi di arahkan untuk memilih jurusan studi berdasarkan minat dan bakat agar lebih fokus untukberkembang sesuai minat dan bakat nya. Jurusan yang tidak tepat bisa sanggat merugikan para siswa-siswi dan masa depanya Dalam penelitian  ini aplikasi penentuan minat – bakat dibuat untuk memberikan saran ke pada siswa-siswi yang mau melanjutkan ke perguruan tinggi. Akan ada data yang di berilkan kepada siswa-siswi kemudian di isi dan data tersebut di proses dengan menggunakan metode bayes berdasarkan dataset yang yang menjadi acaun pennetuan. Gambaran mengenai penentuan mengunakan metode bayes ada data di kelolah menggunakan metode bayes dan hasil perhitungan nya yang terbesar merupakan hasil dari minat – bakat berdasarkan data yang di inputkan oleh siswa-siswi. Aplikasi penentuan minat bakat siswa-siswi sma mengunakan metode bayes dengan memakai bahasa pemogram PHP dan Mysql sebagai basis datanya. dan datasetnya yang sebagai basis data untuk penentuan minat bakat di dapat dari lembaga psikologi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

D. J. Reschly and C. Robinson-Zañartu, “Evaluation of Aptitudes,” in Handbook of Psychological Assessment, 3rd ed., G. Goldstein and M. Hersen, Eds. Oxford, UK: Pergamon, 2000, pp. 183–201.

A. Etz and J. Vandekerckhove, “Introduction to Bayesian Inference for Psychology,” Psychonomic Bulletin and Review, vol. 25, no. 1, pp. 5–34, 2018.

E. J. Wagenmakers et al., “Bayesian inference for psychology. Part I: Theoretical advantages and practical ramifications,” Psychonomic Bulletin and Review, vol. 25, no. 1, pp. 35–57, 2018.

R. van de Schoot, D. Kaplan, J. Denissen, J. B. Asendorpf, F. J. Neyer, and M. A. G. van Aken, “A Gentle Introduction to Bayesian Analysis: Applications to Developmental Research,” Child Development, vol. 85, no. 3, pp. 842–860, 2014.

R. Bekele and W. Menzel, “A Bayesian Approach To Predict Performance Of A Student (BAPPS): A Case with Ethiopian Students,” in Conference: IASTED International Conference on Artificial Intelligence and Applications, part of the 23rd Multi-Conference on Applied Informatics, Innsbruck, Austria, February 14-16, 2005, 2005, pp. 189–194.

A. Latubessy and R. Fiati, “Analisa Dan Perancangan Model Keputusan Bakat Dan Minat Anak,” Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 1, p. 37, 2015.

R. P. D. Tutuko and S. Winiarti, “Pengembangan Sistem Pendukung Keputusan Dengan Penerapan Model Kriteria Bayes dan Model AHP Dalam Penentuan Jurusan (Studi Kasus : SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro),” Jurnal Sarjana Teknik Informatika, vol. 3, no. 1, pp. 230–240, 2015.

A. Sukmaindrayana and Sarmidi, “Aplikasi alat bantu penentu bakat dan minat anak dengan menggunakan metode bayes,” Jutekin:Jurnal Teknik Informatika, vol. 4, no. 2, pp. 11–20, 2016.

Rusito and Y. Fitrianto, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Bakat dan Minat Olahraga Siswa SMP Dengan Metode Bayes,” in Prosiding SNST ke-8, 2017, pp. 53–58.

H. Kristanto, Konsep dan Perancangan Database. Yogyakarta: Andi Offset, 1996.

Published
2020-10-17
Section
Articles