ALAT PERAWATAN TANAMAN TOMAT OTOMATIS BERBASIS ARDUINO NANO DAN NODEMCU

  • Agus Darwanto Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Muhammad Iqbal Kurniawan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Bambang Dwi Sulo Universitas Islam Malang
Keywords: Wemos D1, tanaman tomat, kelembaban, suhu, kadar air

Abstract

Tujuan diciptakanlah alat yang berkonsep mesin penyiram otomatis untuk membantu proses perawatan tanaman tomat secara otomatis. User atau pengguna hanya bertugas mengawasi dan memastikan mesin tersebut bekerja secara baik. Mesin dan manusia terhubung melalui jaringan wireless atau bisa disebut internet. Konsep teknologi ini disebut IoT (Internet of Things) dimana konsep dan prinsipnya diterapkan dalam mikrokontroler Wemos D1 yang bekerja mengendalikan mesin dan manusia hanya bertugas mengawasi kinerja mereka serta koneksi internet lah yang menghubungkan ketiganya. Konsep teknologi ini coba diteliti dan mulai dipraktekan dalam bidang pertanian tau perkebunan. Dimana contoh tanaman diberi beberapa sensor pendeteksi komponen abiotik atau kondisi tanah. Komponen abotik adalah faktor – faktor  yang mendukung pertumbuhan tanaman. Komponen -  komponen tersebut contohnya adalah kadar keasaman tanah, kelembaban tanah, suhu udara dan tanah serta kadar air dalam tanah. Metode penelitian yang dipakai adalah dengan melakukan uji coba pendeteksian dan penyiraman terhadap tanaman tomat dalam perancangan hardware dan software yang telah menjadi satu kesatuan. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah sebuah alat yang mampu membantu menyiram secara otomatis kepada tanaman tomat berdasarkan standar perawatannya.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

B. Cahyono, Teknik Budidaya Tomat Unggul. Jakarta: Pustaka Mina, 2016.

Koesriharti, N. Herlina, and Syamira, “Effect of water management on yield of tomato plant (Lycopersicon esculentum Mill),” Journal of Agriculture and Food Technology, vol. 2, no. 1, pp. 16–20, 2012.

J. S. Wakur, “Alat Penyiram Tanaman Otomatis Menggunakan Arduinouno,” Politeknik Negeri Manado, 2015.

J. M. S. Waworundeng, N. Chandra Suseno, and R. R. Y. Manaha, “Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Perancangan Alat Penyiram Tanaman Otomatis berbasis Sensor dan Mikrokontroler,” in Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu, 2017, pp. 241–247.

I. Son’Aniy and B. Sugiantoro, “Design and Development of an Automatic Watering System Based on Bash Shell with OpenWRT Platform on Chili Plants,” IJID (International Journal on Informatics for Development), vol. 6, no. 1, pp. 1–4, 2017.

E. Z. Kafiar, E. K. Allo, and D. J. Mamahit, “Rancang Bangun Penyiram Tanaman Berbasis Arduino Uno Menggunakan Sensor,” Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, vol. 7, no. 3, pp. 267–276, 2018.

Y. F. Hidayat, A. H. Hendrawan, and Ritzkal, “Purwarupa Alat Penyiram Tanaman Otomatis menggunakan Sensor Kelembaban Tanah dengan Notifikasi Whatsapp,” in Seminar Nasional Sains dan Teknologi 2019, 2019, pp. 1–8.

A. R. Putri, Suroso, and Nasron, “Perancangan alat penyiram tanaman otomatis,” in Seminar Nasional Inovasi dan Aplikasi Teknologi di Industri 2019, 2019, pp. 155–159.

Published
2020-09-05
Section
Articles