PREDIKSI ITEMSET PROMOSI PENJUALAN MENGGUNAKAN METODE MARKET BASKET ANALYSIS

  • Anang Aris Widodo Universitas Merdeka Pasuruan
  • Ighfir Azam Fachrudin Universitas Merdeka Pasuruan
Keywords: Office Stationery, Market Basket Analysis, Apriori Algorithm.

Abstract

ABSTRACT

Every company always needs office stationery in completing its operational activities. Office stationery means items used to do paperwork. The photocopy of Nias Rama is a part of meeting the supply needs. The purpose of this study is to present the implementation of the Market Basket Analysis method using a web-based Apriori algorithm to create a system that can help quickly and precisely to see the association between the sale of goods with one another. The results of the Apriori algorithm calculations that have been carried out with a minimum of 2% Support and 60% Confidence get 11 association rules with positive correlation values ​​for all data.

Keywords: Office Stationery, Market Basket Analysis, Apriori Algorithm.

 

ABSTRAK

Setiap perusahaan selalu membutuhkan alat tulis kantor alat tulis kantor dalam menyelesaikan kegiatan operasionalnya. Alat tulis kantor berarti barang yang dipakai untuk mengerjakan pekerjaan tulis-menulis. Fotocopy Nias Rama merupakan suatu bagian dari pemenuhan kebutuhan persediaan tersebut. Tujuan Penelitian ini menyajikan implementasi metode Market Basket Analysis menggunakan algoritma Apriori berbasis web untuk membuat suatu sistem yang dapat membantu secara cepat dan juga tepat untuk melihat asosiasi antara penjualan barang yang satu dengan yang lainnya. Hasil perhitungan algoritma Apriori yang telah dilakukan dengan minimal Support 2% dan Confidence 60% mendapatkan aturan asosisasi sebanyak 11 aturan asosiasi dengan nilai korelasi positif untuk semua data.

Kata Kunci: Alat Tulis Kantor, Market Basket Analysis, Algoritma Apriori

Author Biographies

Anang Aris Widodo, Universitas Merdeka Pasuruan

Fakultas Teknologi Informasi

Ighfir Azam Fachrudin, Universitas Merdeka Pasuruan

Informatika, Fakultas Teknologi Informasi

References

I. Wursanto, Kompetensi Sekretaris Profesional, 5th ed. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2006.

M. Moelyono, Penerapan Produktivitas Dalam Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara, 2004.

E. Herjanto, Manajemen produksi dan operasi, 2nd ed. Jakarta: Grasindo, 2004.

T. H. Handoko, Dasar Dasar Manajemen Produksi dan Operasi, 1st ed. Yogyakarta: BPFE, 2000.

A. Hermanto and S. E. Sartono, “Pemanfaatan Web Usage Mining pada E-Commerce Untuk Peningkatan Penualan Pada Retailer Online,” KONVERGENSI, vol. 12, no. 1, pp. 42–51, 2016.

A. Hermanto, “Implementasi Text Mining Menggunakan Naive Bayes Untuk Penentuan Kategori Tugas Akhir Mahasiswa Berdasarkan Abstraksinya,” KONVERGENSI, vol. 12, no. 2, pp. 1–10, 2016.

E. T. Puteri, G. Kusnanto, and C. J. Thomas, “Penerapan K-Means Clustering Untuk Segmentasi Pelanggan Pada Sistem Customer Relationship Management Di Pt. Unichem Candi Indonesia,” Konvergensi, vol. 15, no. 2, 2020.

F. A. Hermawati, Data Mining. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2013.

F. A. Hermawati and I. Fitriani, “Association-Rule Analysis Application for Courses Scheduling,” in Seminar on Intelligent Technology and Its Applications, SITIA, 2014.

F. A. Hermawati and W. Wijayanti, “Penggunaan Analisa Asosiasi (Association Analysis) Dalam Pemilihan Lokasi Wisata Berdasarkan Karakteristik Sosio-Demografis Wisatawan,” in Konferensi Nasional Sistem Informasi 2012, STMIK - STIKOM Bali, 2012, pp. 1496–1501.

D. Desyanti, “Implementasi Data Mining Algoritma Apriori Dalam Menentukan Persedian Susu Formula Bayi,” Prosiding Seminar Nasional, vol. 1, no. 1, pp. 201–210, 2017.

A. Muzakir and L. Adha, “Market Basket Analysis (Mba) Pada Situs Web E-Commerce Zakiyah Collection,” Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, vol. 7, no. 2, p. 459, 2016.

E. Elisa, “Market Basket Analysis Pada Mini Market Ayu Dengan Algoritma Apriori,” Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), vol. 2, no. 2, pp. 472–478, 2018.

G. Gunadi and D. I. Sensuse, “Penerapan Metode Data Mining Market Basket Analysis Terhadap Data Penjualan Produk Buku Dengan Menggunakan Algoritma Apriori Dan Frequent Pattern Growth ( Fp-Growth ) :,” Telematika, vol. 4, no. 1, pp. 118–132, 2012.

K. Darmaastawan, K. O. Saputra, N. Made, A. Esta, and D. Wirastuti, “Market basket analysis using FP-growth association rule on textile industry,” International Journal of Engineering and Emerging Technology, vol. 5, no. 2, pp. 24–30, 2020.

J. Han, M. Kamber, and J. Pei, Data mining concepts and techniques, 3rd ed. United States of America: Morgan Kaufmann Publishers, 2014.

Published
2022-07-16