3D VIRTUAL TOUR KEBUN BINATANG SURABAYA BERBASIS ANDROID

  • Geri Kusnanto Universitas 17 Agustus Surabaya
  • Ery Sadewa Universitas 17 Agustus Surabaya
  • Tri Handoko Prasetyo Universitas 17 Agustus Surabaya

Abstract

Ketertarikan masyarakat terhadap wisata seperti Kebun Binatang Surabaya mulai menurun
drastis. Hal ini disebabkan karena gaya hidup dari masyarakat sudah mulai berubah.
Tempat wisata, pantai dan pusat perbelanjaan, lebih memiliki daya tarik yang tinggi bagi
kebanyakan masyarakat Indonesia. Sehingga untuk tempat wisata ini mulai mengalami
penurunan jumlah pengunjung. pada bulan Februari 2014 mengalami penurunan sebanyak
30%. Oleh karena itu, diperlukan sebuah sarana yang dapat menunjang agar wisata dapat
diminati kembali oleh masyarakat.
Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan kemajuan teknologi
berupa 3D virtual tour. Aplikasi 3D virtual tour situs wisata Kebun Binatang Surabaya ini
berbasis android dan dibangun dengan menggunakan perangkat lunak Blender, SketchUp,
Unity 3D dan bahasa pemrograman C#. Aplikasi virtual 3D virtual tour situs wisata Kebun
Binatang Surabaya berbasis android memberikan informasi tentang Kebun Binatang
Surabaya dan menampilkan pemandangan obyek wisata Kebun Binatang Surabaya dalam
bentuk virtual 3D sehingga pengguna seolah-olah dapat menjelajahi lingkungan Wisata
Kebun Binatang secara nyata.
Hasil respon dari pengguna terhadap aplikasi menunjukkan bahwa aplikasi ini sudah dapat
memvisualisasikan lingkungan pada Kebun Binatang Surabaya, desain aplikasi menarik,
serta informasi yang disajikan cukup lengkap mengenai Kebun Binatang tersebut namun
pengoperasian atau control dari penggunaan aplikasi masih perlu diperbaiki karena 50%
dari total jumlah respon pengguna mengatakan bahwa pengoperasian dari aplikasi ini
masih sulit.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kurniawan, H. & Nasrulloh, M. (2009).

Pengembangan Aplikasi Jelajah Peta

Kampus Politeknik Negeri Malang

Berorientasi Objek 3 Dimensi. Politeknik

Negeri Malang.

Kotzbek, Gilbert, (2013), 'Virtual Tabo:

Geocommunication for the Preservation

of Cultural Heritage with the Help of

Multimedia Technology', University of

Vienna, Austria.

Kristanto, Diyan Andika & Founda Nico

Savalas, (2012), 'Pembuatan Virtual 3D

Situs Sejarah Candi Singosari Sebagai

Media Informasi Wisata Sejarah',

Politeknik Negeri Malang.

Unity3d Docummentation .

http://unity3d.com/support/

Wikipedia bahasa Indonesia ensiklopedia

bebas, Kebun Binatang Surabaya

https://id.wikipedia.org/wiki/Kebun_Bina

tang_Surabaya

Bimber, O. Dan Ramesh Raskar. (2005),

‘Spatial Augmented Reality',

Massachusetts: A. K. Peters.

Soekahar, Fidelis Josaphat. (2004), 'Open

Source 3D Animation Blender Publisher'.

Vicky, et, al. (2009), 'Analisa dan

Perancangan Aplikas Mobile Virtual

Tour untuk Mendukung Pengenalan

Lokasi secara Immersive berbasis J2ME',

BINUS University.

Intania, Mochamad Al Kautsar, et, al.

(2010), 'Analisa dan Perencanaan

Aplikasi Virtual Tour Museum di

Kawasan Taman Fatahillah Berbasis

Multimedia bagi Unit Pelaksana Teknis

Kota Tua Jakarta', BINUS University.

Indra, Hendy Christanto, et, al. 2012,

'Aplikasi Permainan Augmented Reality

"War of Piggy" Bergenre Tower Defense

dengan Pendekatan Metodologi Scrum

Menggunakan Unity Engine dan QCar

SDK pada Android', BINUS University.

Section
Articles