3D VIRTUAL TOUR KEBUN BINATANG SURABAYA BERBASIS ANDROID
Abstract
Ketertarikan masyarakat terhadap wisata seperti Kebun Binatang Surabaya mulai menurun
drastis. Hal ini disebabkan karena gaya hidup dari masyarakat sudah mulai berubah.
Tempat wisata, pantai dan pusat perbelanjaan, lebih memiliki daya tarik yang tinggi bagi
kebanyakan masyarakat Indonesia. Sehingga untuk tempat wisata ini mulai mengalami
penurunan jumlah pengunjung. pada bulan Februari 2014 mengalami penurunan sebanyak
30%. Oleh karena itu, diperlukan sebuah sarana yang dapat menunjang agar wisata dapat
diminati kembali oleh masyarakat.
Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan kemajuan teknologi
berupa 3D virtual tour. Aplikasi 3D virtual tour situs wisata Kebun Binatang Surabaya ini
berbasis android dan dibangun dengan menggunakan perangkat lunak Blender, SketchUp,
Unity 3D dan bahasa pemrograman C#. Aplikasi virtual 3D virtual tour situs wisata Kebun
Binatang Surabaya berbasis android memberikan informasi tentang Kebun Binatang
Surabaya dan menampilkan pemandangan obyek wisata Kebun Binatang Surabaya dalam
bentuk virtual 3D sehingga pengguna seolah-olah dapat menjelajahi lingkungan Wisata
Kebun Binatang secara nyata.
Hasil respon dari pengguna terhadap aplikasi menunjukkan bahwa aplikasi ini sudah dapat
memvisualisasikan lingkungan pada Kebun Binatang Surabaya, desain aplikasi menarik,
serta informasi yang disajikan cukup lengkap mengenai Kebun Binatang tersebut namun
pengoperasian atau control dari penggunaan aplikasi masih perlu diperbaiki karena 50%
dari total jumlah respon pengguna mengatakan bahwa pengoperasian dari aplikasi ini
masih sulit.
Downloads
References
Kurniawan, H. & Nasrulloh, M. (2009).
Pengembangan Aplikasi Jelajah Peta
Kampus Politeknik Negeri Malang
Berorientasi Objek 3 Dimensi. Politeknik
Negeri Malang.
Kotzbek, Gilbert, (2013), 'Virtual Tabo:
Geocommunication for the Preservation
of Cultural Heritage with the Help of
Multimedia Technology', University of
Vienna, Austria.
Kristanto, Diyan Andika & Founda Nico
Savalas, (2012), 'Pembuatan Virtual 3D
Situs Sejarah Candi Singosari Sebagai
Media Informasi Wisata Sejarah',
Politeknik Negeri Malang.
Unity3d Docummentation .
Wikipedia bahasa Indonesia ensiklopedia
bebas, Kebun Binatang Surabaya
https://id.wikipedia.org/wiki/Kebun_Bina
tang_Surabaya
Bimber, O. Dan Ramesh Raskar. (2005),
‘Spatial Augmented Reality',
Massachusetts: A. K. Peters.
Soekahar, Fidelis Josaphat. (2004), 'Open
Source 3D Animation Blender Publisher'.
Vicky, et, al. (2009), 'Analisa dan
Perancangan Aplikas Mobile Virtual
Tour untuk Mendukung Pengenalan
Lokasi secara Immersive berbasis J2ME',
BINUS University.
Intania, Mochamad Al Kautsar, et, al.
(2010), 'Analisa dan Perencanaan
Aplikasi Virtual Tour Museum di
Kawasan Taman Fatahillah Berbasis
Multimedia bagi Unit Pelaksana Teknis
Kota Tua Jakarta', BINUS University.
Indra, Hendy Christanto, et, al. 2012,
'Aplikasi Permainan Augmented Reality
"War of Piggy" Bergenre Tower Defense
dengan Pendekatan Metodologi Scrum
Menggunakan Unity Engine dan QCar
SDK pada Android', BINUS University.
Authors whose manuscript is published will approve the following provisions:
- The right to publication of all journal material published on the Konvergensi Teknologi Informasi & Komunikasi website is held by the editorial board with the author's knowledge (moral rights remain the property of the author).
- The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA) license, which means Konvergensi Teknologi Informasi & Komunikasi reserves the right to store, modify the format, administer in database, maintain and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
- Printed and electronic published manuscripts are open access for educational, research and library purposes. In addition to these objectives, the editorial board shall not be liable for violations of copyright law.