PEMANFAATAN WEB USAGE MINING PADA E-COMMERCE UNTUK PENINGKATAN PENJUALAN PADA RETAILER ONLINE
Abstract
Seiring dengan makin cepatnya akses menggunakan internet, baik
menggunakan komputer atau perangkat smartphone, berdampak pada
pertumbuhan perdagangan online yang meningkat secara drastis. Banyak situs ecommerce
yang bermunculan sehingga menimbulkan kompetisi yang dinamis
diantara mereka untuk dapat menarik konsumen sebanyak-banyaknya.
Oleh karena itu dalam penelitian ini dikembangkan penggunaan web
usage mining untuk membantu perusahaan dalam meningkatkan penjualan.
Metode Web Usage Mining yang akan diimpementasi ke dalam sistem
ecommerce dapat memberikan sebuah solusi baru untuk menganalisa suatu
transaksi yang terjadi dalam toko online maupun pangsa pasar suatu produk
berdasarkan pembelian konsumen, kunjungan pada web, yang disimpulkan
menjadi data yang dapat digali untuk menunjang penganaliasaan penjualan agar
bisa menjadi alat bantu para owner/pemilik perusahaan sebagai fitur analisa
perkembangan alur distribusi perdagangan pada perusahaannya.
Dalam hasil uji coba metode ini, secara garis besar dapat dijadikan
sebagai estimasi dalam penyetokan barang, estimasi waktu kunjungan, barang
yang popular dilihat, barang yang laris di pasaran, barang terlaris per area, hasil
optimasi keyword dari masing-masing barang sehingga dapat membantu teknik
SEO (Search Engine Optimition) untuk pencarian tertinggi di search engine,
semua melewati proses web usage mining sehingga dapat membantu melihat
pangsa pasar barang ataupun tren barang yang terjadi pada sistem penjualan
online.
Kata Kunci : Web Usage Mining, Penjualan Online, E-commerce
Downloads
References
H., Rafiza, 2006. Kamus Fungsi PHP
(Membangun Database Berbasis
Web). Penerbit PT. Elex Media
Komputindo, Jakarta
Inhoff, Claudia, et all, 2003. Mastering
Data Warehouse Design: Relational
AMD Demensional Techniques, John
Waely Publishing. USA.
Inmon, W. H. 2002. Building The
Data Wareahouse Third Editon, John
Waely And Son Publishing.
Kadir, Abdul, 2008. Dasar
Pemprograman Web dinamis
menggunakan PHP, Penerbit ANDI,
Yogyakarta
Kadir, Abdul, 2009. Mastering Ajax
Dan PHP, Penerbit ANDI, Yogyakarta
Prasetyo, Didik Dwi. 2004. Solusi
Web Master Melalui Manajemen Web
dengan PHP. Penerbit PT. Elex Media
Komputindo, Jakarta
Rangkati, Freddy, 2004. Manajemen
Persedian Aplikasi di Bidang Bisnis ,
PT raja Grafindo Persada, Jakarta.
Raynardy, Vinchen, 2008. Building a
Data Warehouse With Example In
SQL Server, Springer Fearlack Inc.
Kim, J. and Forsythe, S., (2010).
Factors affecting adoption of product
virtualization technology for online
consumer electronics shopping.
International Journal of Retail &
Distribution Management, 38 (3),
–204.
Keisidou, Ellisavet, et. al., (2011).
Consumer characteristics and their
effect on accepting online shopping.
Int. Journal of Business Science and
Applied Management, Volume 6,
Issue 2, 2011.
Cheung, C., Zhu, L., Kwong, T., Chan,
G. and Limayem, M., (2003). Online
Consumer Behavior: A Review and
Agenda for Future Research. 16th
Bled eCommerce Conference
eTransformation, 194 – 218.
Wu, S., (2003). The relationship
between consumer characteristics and
attitude toward online shopping.
Marketing Intelligence and Planning,
(1), 37–44.
Liao, Z. and Shi, X., (2009).
Consumer perceptions of internetbased
e-retailing: an empirical
research in Hong Kong. Journal of
Services Marketing, 23 (1), 24–30.
Darley, W. K., Blankson, C. and
Luethge, D. J., (2010). Toward an
integrated framework for online
consumer behavior and decision
making process: A review. Psychology
and Marketing, 27 (2), 94–116.
Farag, S., Schwanena, T., Dijsta, M.
and Faberb, J., (2007). Shopping
online and/or in-store? A structural
equation model of the relationships
between e-shopping and in-store
shopping. Transportation Research
Part A: Policy and Practice, 41 (2),
–141.
Pan, Y., Chaipoopirutana, S. and
Combs, H., (2010). A study of the
factors influencing online purchase
intention of consumers in China.
American Society of Business and
Behavioral Sciences, 6 (1), 88–99.
Hill, W. W. and Beatty, S. E., (2011).
A model of adolescents’ online
consumer self – efficacy (OCSE).
Journal of Business Research, 64,
–1033.
Ha, S. and Stoel, L., (2009). Consumer
e-shopping acceptance: Antecedents in
a technology acceptance model.
Journal of Business Research, 62,
–571.
Yunato Jiang, Siqin Yu, 2008, Mining
E-commerce Data to Analyze the
target Customer Behavior, Workshop
on knowledge discovery and data
mining, 2008, pp.406-409
Velpula et.al., Analyzing target
customer behavior by mining the ecommerce
data, International Journal
On Information Sciences and
Computing, vol.14 No. 1, 2010
http://knowledge.wharton.upenn.edu/a
rticle/linking-customer-behavior-to-ecommerce-
strategy/ diakses pada
tanggal 3 Januari 2014
Authors whose manuscript is published will approve the following provisions:
- The right to publication of all journal material published on the Konvergensi Teknologi Informasi & Komunikasi website is held by the editorial board with the author's knowledge (moral rights remain the property of the author).
- The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA) license, which means Konvergensi Teknologi Informasi & Komunikasi reserves the right to store, modify the format, administer in database, maintain and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
- Printed and electronic published manuscripts are open access for educational, research and library purposes. In addition to these objectives, the editorial board shall not be liable for violations of copyright law.