PERSEPSI KEADILAN MASYARAKAT PELANGGAR LALU LINTAS TERHADAP APARAT KEPOLISIAN DI SURABAYA

  • Ahmad Mubashir Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Riska Tantri Maharani Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Fajar Sugianto Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui persepsi keadilan masyarakat pelanggar lalu lintas di Surabaya. Penelitian ini untuk menjawab persepsi masyarakat yang berfikir bahwa aparat kepolisian hanya mengambil untung dari pelanggaran yang dilakukan masyarakat yaitu berupa pungutan liar. Subyek penelitian adalah warga yang pernah melakukan pelanggaran lalu lintas. Data diperoleh melalui proses wawancara. Hasil penelitian menunjukkan persepsi keadilan terhadap aparat kepolisian adalah pemberian sanksi berupa pungutan liar selalu ditawarkan dengan atau tanpa penjelasan tentang pasal yang dilanggar. Masyarakat pengguna jalan raya berhak mendapatkan pengetahuan tentang pasal yang dilanggarnya dan berhak atas keadilan untuk meminta membirikan uang sanksi kepada negara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andersen, W., dan Chariri, A, 2012, Analisis Persepsi Mahasiswa Akuntansi dalam Memilih Profesi Sebagai Akuntan (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi UNDIP, UNIKA, UNNES, UNISSULA, UDINUS, UNISBANK, STIE TOTALWin dan Mahasiswa PPA UNDIP) (Disertasi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Budiarto, Y., Wardani, R. P., dan Esa, D. F. P. U. I, 2005, Peran Keadilan Distributif, Keadilan Prosedural Dan Keadilan Interaksional Perusahaan Terhadap Komitmen Karyawan Pada Perusahaan (Studi Pada Perusahaan X). Jurnal Psikologi, 3(2), 109-126.

Dwisvimiar, I, 2011, Keadilan Dalam Perspektif Filsafat Ilmu Hukum. Jurnal Dinamika Hukum, 11(3), 522-531.

Kuncoro, M. W, 2001, Penilaian Keadilan Prosedural Ditinjau dari Penilaian Keadilan Interaksional dan Kontrol pada Para Korban Gempa Bumi di Bantul. Jurnal Universitas Wangsa Manggala Yogyakarta.

Moleong, L. J, 1999, Metodologi Penelitian, Bandung, PT. Remaja Rosda Karya.

Tjahjono, H. K, 2008, Studi Literatur Pengaruh Keadilan Distributif Dan Keadilan Prosedural Pada Konsekuensinya Dengan Teknik Meta Analisis.

Yuniawan, A, 2008, Pengaruh Keadilan Prosedural Dan Distributif Terhadap Kepuasan Kerja Dan Komitmen Afektif. Jurnal Bisnis Strategi, 17(1).

Published
2019-02-01
Section
Articles