BERCOCOK TANAM MUDAH DENGAN SISTEM HIDROPONIK NFT

  • Mohammad Singgih Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Kusuma Prabawati Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Dhiyaul Abdulloh Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Abstract

Hidroponik merupakan budidaya menanam tanpa menggunakan tanah diganti dengan media rockwool, sekam padi, kapas, dan lain lain, dimana pada tanaman hidroponik ini lebih ditekankan menggunakan nutrisi yang terlarut dalam air. Dengan menggunakan media tanam hidroponik ini penanam tidak perlu memusingkan kekurangan lahan untuk ditanami karena dengan metode hidroponik ini anda bisa menanam dimanapun. Bisa menggunakan botol bekas, pipa PVC dan juga bisa menggantungkan media tanamnya ditembok.
Nutrifit Film Technique (NFT) merupakan salah satu tipe hidroponik yang spesial karena pada metode budidaya tanaman dimana akar tanaman tumbuh pada lapisan yang dangkal dan tersirkulasi sehingga tanaman bisa memperoleh air, nutrisi dan oksigen yang cukup. Tujuan dari penanaman hidroponik NFT untuk menghemat pemakaian lahan, pemakaian air yang lebih efisien untuk sirkulasinya, tumbuhan yang ditanami dengan media hidroponik bisa berkembang dan dapat tumbuh dengan waktu singkat.
Bibit tanaman akan diletakkan dan tumbuh pada lapisan rockwoll dengan sebagaian akar tanaman dalam air yang berisi larutan nutrisi yang disirkulasikan secara terus menerus dengan menggunakan pompa, dimana daerah perakaran dalam larutan nutrisi bisa berkembang dan tumbuh pada larutan nutrisi.
Dari progam yang kami kerjakan ini,kami berharap agar warga desa mojopetung mampu membuat tindak lanjut pengadaan alat dan bahan budidaya hidroponik, dapat membuat produk hidroponik yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat juga diharapkan dapat mengerti tentang bagaimana proses perawatan tanaman budidaya hidroponik, dan bisa menjadi alternatif budidaya atau teknik bertanam secara hidroponik karena bisa dilakukan oleh orang yang tidak memiliki lahan yang cukup.
Kata kunci : Hidroponik, Hidroponik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Roidah, I. 2014. Pemanfaatan Lahan Dengan Menggunakan Sistem Hidroponik. Jurnal Universitas Tulungagung Bonorowo. 1(2).

Tallei, T., Rumengan, I., Adam, A. 2017. Hidroponik Untuk Pemula. Manado : UNSRAT Press.

https://utakatikmikro.com/2016/02/03/cara-membuat-hidroponik-sistem-dftnft-dengan-uang-300-ribu/

https://tanimuda.com/media-tanam-hidroponik/

Published
2019-01-05
Section
Articles