MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PENGAJAR

  • Basilia Subiyanti Wilujeng
  • Yassinta Safera Mahendra
  • Faizatul Ulumiyah

Abstract

Mind mapping adalah sebuah cara baru untuk menerapkan atau mencatat ide maupun gagasan pikiran, selain itu mind mapping juga dapat diartikan sebagai proses memetakan pikiran untuk menghubungkan konsep – konsep permasalahan tertentu dari cabang – cabang sel saraf membentuk korelasi konsep menuju pada suatu pemahaman dan hasilnya dituangkan langsung di atas kertas dengan animasi yang disukai dan gampang dimengerti oleh pembuatannya. Sehingga tulisan yang dihasilkan merupakan gambaran langsung dari cara kerja koneksi-koneksi di dalam otak.
Media pembelajaran berbasis mind mapping termasuk dalam media pembelajaran yang memberikan kemudahan dan lebih efisien bagi pengajar untuk melakukan proses belajar mengajar. Meskipun memiliki kelebihan atau dampak yang positif, media pembelajaran dengan berbasis mind mapping juga memiliki damapk yang negatif, diantaranya adalah hanya siswa yang aktif yang dapat terlibat dan tidak sepenuhnya murid yang belajar. Sehingga teknik mind mapping masih belum banyak digunakan oleh para pengajar pada umumnya, karena banyak para pengajar masih belum mengetahui bagaimana cara atau pembuatan mind mapping yang baik dan benar. Maka dari itu, dengan diadakannya workshop bagi para pendidik di Desa Babaksari, Kecamatan Dukun, Gresik bertujuan untuk memberikan pengetahuan atau ilmu tambahan mengenai mind mapping.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan (Mind Mapping) Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD 2017 (http://journal.student.uny.ac.id)

PENGARUH METODE DISKUSI MEDIA MIND MAPPING DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR (http://researchgate.net)

Published
2019-01-05
Section
Articles