PENYULUHAN RANCANGAN MASA DEPAN DI SMAN 1 DUKUN

  • Yanto Prasetyo Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Dimas Mahendra
  • Eka Rizky H.

Abstract

Masa SMA merupakan masa dimana seseorang disebut remaja. Para remaja beranggpan bahwa mereka bukan kanak-kanak lagi, akan tetapi mereka belum mampu memegang tanggung jawab seperti orang dewasa. Masa remaja ditandai oleh keinginan yang kuat untuk tumbuh dan berkembang secara matang agar diterima oleh teman sebaya, orang dewasa dan budaya. Pada masa remaja terjadi kegoncangan pada individu remaja terutama di dalam melepaskan nilai-nilai yang lama dan memperoleh nilai-nilai yang baru untuk mencapai kedewasaan. Masa remaja adalah suatu tahap kehidupan masyarakat yang bersifat peralihan dan tidak matap. Di samping itu, masa remaja adalah masa yang rawan oleh pengaruh-pengaruh negative.perubahan lain yang tampak pada masa remaja adalah terjadinya perubahan emosi, pandangan hidup, sikap, dsb

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aro, K.T.,Aunola, K., & Nurmi, J.E. (1991). Personal Goals During Emerging Adulthood, A 10-Year Follow-Up. Journal of Adolescent Research. Vol, X, No 10.

Jembarwati, O. (2011). Peran Harapan Keberhasilan dan Persepsi Perilaku Interpersonal Guru terhadap Kesejahteraan emosi Siswa. (Unpublished thesis). Gadjah Mada University. Yogyakarta.

Havighurst, R. J. (1984). Perkembangan Manusia dan Pendidikan. Diterjemahkan: Firmansyah. Bandung: Jemmars.

Heinonen, H., Aro, A.R., Aalto, A.M., & Uutela, A. (2004). Is the evaluation of the global quality of life determined by emotional status? Journal Quality of Life Research,13 (8),1347–1356

Published
2019-01-05
Section
Articles