PANCER (PAPAN CERIA)

  • Erni Puspanantasari Putri Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Novy Ilmah
  • Arbi Walabi Habibi

Abstract

Bahasa adalah sesuatu unsur yang paling penting dalam kehidupan umat manusia. Salah satu bahasa yang paling menjadi primadona khususnya di Indonesia dan menjadi bahasa internasional adalah bahasa Inggris. Belajar bahasa Inggris sejak dini memiliki keunggulan baik secara biologis maupun secara psikologis. Pentingnya bahasa Inggris dan berbagai faktor yang menyertainya serta polemik dalam penerapannya membuat suatu daya tarik tersendiri untuk dibahas. Tulisan ini bertujuan untuk membahas tentang faktor usia dalam pembelajaran bahasa, tujuan pengajaran bahasa Inggris di Sekolah Dasar dan apa pentingnya pelajaran bahasa Inggris untuk anak Sekolah Dasar. Membaca merupakan hal yang yang sangat penting untuk anak. Membaca dapat membuat anak memperoleh banyak informasi bagi dirinya. Membaca juga dapat membuat anak mengenal aneka bahasa yang ada selain bahasa Indonesia dan bahasa daerah. Sejak dari dini sebisa mungkin anak dikenalkan bahasa lain selain bahasa Indonesia atau bahasa daerah yaitu bahsa Inggris. Bahasa inggris merupakan bahasa yang sangat perlu untuk dipelajari, karene bahasa ingris merupakan bahsa internasional yang dapat digunakan untuk bertukar komunikasi antar negara. Bahasa inggris juga merupakan mata pelajaran yang sangat penting di sekolah karena bahasa Ingris termasuk mata pelajaran yang di UNAS kan,sehingga bahasa inggris sangat penting untuk diajarkan kepada anak-anak.
Maksud dari kegiatan ini adalah melatih anak – anak di Desa Pomahan agar mampu membaca dan belajar bahsa Inggris sedari dini. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan Untuk memberikan tambahan wawasan mengenai nama-nama benda, buah, transportasi, hewan dengan menggunakan bahasa Inggris.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bloomfield L. 1995. Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Depdiknas, 2004. Kurikulum 2004: Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas 4-6 SD dan MI. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Huda, Nuril, 1999. Language Learning and Teaching: Issues and Trends. Malang: Universitas Negeri Malang.

Kismadi, Gloria C., 2004. “Start Them Early: Teaching English to Young Learners in Indonesia”, dalam Cahyono, Bambang Yudi dan Utami Widiati (ed.), 2004. The Tapestry of English Language Teaching and Learning in Indoensia. Malang: State University of Malang Press. Pp. 253 – 264.

Long, Michael, 1990. “Maturation Constarints on Language Development”, Studies in Second Language Acquisitions, 12, pp. 251 – 285.

Luciana, 2004. “Teaching and Assessing Young Learners’ English: Bridging the Gap”, Dalam Cahyono, Bambang Yudi dan Utami Widiati (ed.), 2004. The Tapestry of English Language Teaching and Learning in Indoensia. Malang: State University of Malang Press. Pp. 265 – 280.

Singleton, D., 1989. Language Acquisition: The Age Factors. Philadelphia: Multilingual Matters Ltd.

Sujana, I Made, 2001. “Critica Period: Does it Exist in Language Acquisition?”. Jurnal Ilmu Pendidikan FKIP UNRAM, No. 50, Tahun XIV Maret 2001.

Sutarsyah, Cucu, 2004. “Designing an “English for Young Learners” Course as a Part of English Department Curriculum”, dalam Cahyono, Bambang Yudi dan Utami Widiati (ed.), 2004.

Jurnal Abdikarya : Jurnal Karya Pengabdian Dosen dan Mahasiswa E-ISSN :2655-9706

April 2019 Vol 03 No 2,

The Tapestry of English Language Teaching and Learning in Indoensia. Malang: State University of Malang Press. pp. 280 -290.

Vale, Dave, 1995. Teaching Children English. Cambridge: CUP

Published
2019-04-06
Section
Articles