PEMBUATAN WEB UMKM DI DESA BULANGAN

  • Elvianto Dwi Hartono Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Agus Rudianto
  • Aisyah Febriana

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi para pelaku UMKM sebagai media dalam pemasaran produk UMKM secara digital. Pemasaran digital untuk memudahkan para pelaku UMKM dalam memasarkan produk mereka dan dapat menambah efektifitas dalam proses penjualan produk.
Kegiatan pembuatan website ini termasuk jenis kegiatan pengembangan dengan mengacu pada data para pelaku UMKM di desa Bulangan. Pembuatan website ini diawali dengan melalukan perancangan menggunakan metode prototyping. Metode prototype dapat melakukan pendekatan terhadap user atau pengguna. Sehingga hasil akhir dapat sesuai dengan kriteria yang diinginkan oleh user. Pembuatan website berdasarkan hasil perancangan ditulis dengan bahasa PHP dan menggunakan teknologi framework CodeIgniter untuk back-end, dan Bootstrap untuk front-end. CodeIgniter adalah salah satu pilihan framework yang optimal untuk pembuatan aplikasi berbasis website, karena memungkinkan kustomisasi lebih dalam proses pembuatan website.
Hasil kegiatan ini adalah sebuah aplikasi berbasis website yang dapat menampung produk UMKM dari para pelaku di desa Bulangan. Setelah melakukan pelatihan terhadap admin untuk mengelola website ini, para pelaku UMKM dapat lebih mudah mendaftarkan diri untuk menggunakan aplikasi ini. Para pelaku UMKM juga dapat lebih efektif dalam mengelola proses pemasaran produk UMKM mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Laporan Kegiatan Pembuatan & sosialisasi Web UMKM Desa, KKN 17 Tahun 2019

Published
2019-04-05
Section
Articles