PERAN ORANG TUA DALAM PENGAWASAN PENGGUNAAN INTERNET PADA ANAK

  • Anita Kusumawardhani Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Afifa Ayang Segara
  • Wagiman Supriadi

Abstract

Perkembangan internet memberikan dampak yang luar biasa terhadap penggunanya, internet memberikan kemudahan untuk mendapatkan segala informasi baik positif dan negatif oleh semua usia. Akses internet oleh anak tanpa pendampingan orang tua, lebih besar dampak negatif yang ditimbulkan dibandingkan efek positif. Melalui penyuluhan peran orang tua dalam pengawasan penggunaan internet pada anak akan membantu meminimalisir dampak negatif dari penggunaan internet yang berlebihan. Penyuluhan ini diikuti oleh 17 orang dengan presentase hasil Post-Test yang lebih tinggi dibandingkan dengan hasil Pre-Test. Hal ini menunjukkan bahwa penyuluhan yang telah dilaksanakan membawa dampak positif bagi peserta.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Center for Media Education. 2001. Children’s Online Privacy Protection Act: The First Year Washington, DC: Center for Media Education.

Ybarra ML, Diener-West M and Leaf PJ .2007. “Examining the overlap in Internet harassment and school bullying: Implications for school intervention”. Dalam Journal of Adolescent Health 41: S42–50.

Adi, Tri Nugroho. 2017. Pola Pengawasan Orang Tua Terhadap Aktivitas Anak di Dunia Maya : Studi Kasus Pada Keluarga dengan Anak Remaja Usia 12 – 19 Tahun di Purwokerto. Vol.13 No. 02

Utami, Pratiwi dan Ali Mubarak. 2018. “Model pengasuhan anak terkait penggunaan internet di Asia”Jurnal Psikologi. Universitas Islam Bandung

Published
2019-07-07
Section
Articles