PELATIHAN PEMBUATAN PRODUK MIE JAGUNG

  • Hari Poernomo Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Will Hetharia
  • Dewi Lestari

Abstract

Kegiatan Pelatihan pembuatan produk mie jagung dilaksanakan di Desa Bangeran Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik. Dengan tujuan agar ibu – ibu warga desa dan ibu – ibu PKK dapat memanfaatkan tani yang ada di wilayah desa dengan dilakukaannya pembuatan olahan dari jagung yang dikelola menjadi mie jagung.
Kegiatan pembuatan produk yang diawali dengan mempelajari konsep yang akan digunakan kepada warga desa tentang pelatihan dan pengenalan produk. Pembuatan produk mie jagung juga dilakukan oleh Anggota Divisi Kewirausahaan, Kemudian dilakukan percobaan pembuatan hasil olahan produk mie jagung dan juga tata cara pembuatan mie jagung yang sangat mudah guna memudahkan ibu ibu warga desa untuk membuat mie jagung.
Pembuatan produk mie jagung juga mempunyai proses yang cukup rumit dan dilakukan berkali kali sewaktu berada di surabaya maupun sebelum mendekati waktu kegiatan yang akan disosialisasikan kepada warga bangeran.
Pencarian informasi hasil pertanian yang sangat memungkinkan untuk dilakukannya pembuatan produk asli desa pun dilakukan guna memberi solusi untuk usaha warga dan meningkatkan pendapatan warga desa.
Sosialisasi pembuatan produk mie jagung dilakukan pada tanggal tanggal 29 Januari 2019 pada waktu 14.00 - 116.00 WIB dengan pelatihan yang dilakukan oleh anggota divisi kewurausahaan dan juga diberikan buku resep pembuatan mie jagung supaya mempermudah pembuatan produk.
Dengan antusiasme warga desa yang mengikuti pelatihan pembuatan produk anggota divisi kewirausahaan juga tidak menyangka akan sebesar ini antusia warga dan juga pihak perangkat desa pun juga mengapresiasi atas apa yang telah kita berikan da mereka menwarkan untuk membantu mengembangkan hasil produk mie jagung tersebut.
Di harapkan setelah melakukan pelatihan dapat membangun jiwa inovatif dan kreatif warga desa untuk berwirausaha supaya tidak hanya mengandalkan satu pendapat dari hasil pertanian dan juga membuka peluang usaha produk desa dari hasil memanfaatkan hasil pertanian yang dikelola secara baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-04-14
Section
Articles