Pedidikan Kesehatan pada MasyarakatDi Kelurahan Jepara Kec.Bubutan Surabaya melalui KKN Um surabaya

  • Tri Kurnia Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstract

Abstrak

Virus covid 19 telah menjadi permasalahan kesehata Global yang terjadi diberbagai negara tak terkecuali Indonesai. Jawa timur kususnya Surabaya termasuk kota dengan jumlah kasus besar. Pandemi ini telah berdampak ke berbagai sektor, dari sektor kesehatan, Pendidikan, ekonomi dan pelayanan publik. Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk menangani bencana global ini diantaranya mensosialisasikan gerakan Social Distancing atau menjaga jarak dengan tujuan untuk mengurangi rantai penularan virus Covid 19, tetapi dalam pelaksanaan di lapangan masih banyak masyarakat yang kurang mematuhi kebijakan tersebut bahkan ada yang tidak percaya adanya covid. Salah satu permasalahan yang terjadi adlah kurangnya kesadaran masyarakat terhadap protokol kesehatan yang berlaku di era pandemi ini padahal RW 02 ini memiliki lokasi yang dekat dengan salah satu klaster covid yang cukup besar yaitu Klaster Surabaya VII-Jalan Gresik PPI. Kegiatan yang dilakanakan adalah sosialisasi terkait protokol kesehatan, pelatihan pola asuh, pembuatan faceshield serta pembuatan minuman kesehatan. Kegiatan KKN berbasis domilisi yang di laksanakan oleh mahasiswa UMSurabaya di warga sekitar telah berjalan dengan lancar serta mendapatkan respon yang baik dari masyarakat. Hasil kegiatan memberikan pengetahuan pendidikan kesehatan sebagai upaya mendukung kebijakan pemerintah tentang penerapan protokol kesehatan di masyarakat dan menumbuhkan kesadaran saling menjaga serta saling mengingatkan diantara anggota keluarga dan lingkungan terdekat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buana D.R (2020) Analisi Perilaku Masyarakat Indonesai dalam Mengahadapi Pnademi Virus Corona (Covid 19) dan Kiat Menjaga Kesehatan. Nasional Research Tomsk State University Mercu Buana

D Malik. 2020. Anies Tutup Lokasi Wisata di Jakarta, Wisatawan Pindah ke Puncak Bogor. Vivanews. Diunduh dari https://www.vivanews.com/berita/nasional/40497-anies-tutup-lokasi-wisata-di-jakarta-wisatawan-pindah-ke-puncak-bogor?medium=autonext. Diakses pada tanggal 18 Oktober 2020

FKMNews. 2020. Cegah COVID-19, Tingkatkan Imunitas Tubuh dengan Konsumsi Rempah-Rempah. https://fkm.unair.ac.id/cegah-covid-19-tingkatkan-imunitas-tubuh-dengan-konsumsi-rempah-rempah/. Diakses 23 Oktober 2020.

Kemenkes. 2020. Pedoman Pencegahan Pengendalian Covid 19. Jakarta : Ditektorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit.

Riksa, Dana. Analisis Perilaku Msayarakat Indonesaia dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) dan Kiat Menajaga Kesehatan Jiwa. Salam Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i. SSH UIN: Syarif Hidayatullah Jakarta. Vol.7 No 6. 2020.

Satgas Covid 19. https://covid19.go.id/peta-sebaran. Diakses pada tanggal 20 Oktober 2020

Syafrida dan Ralang Hartati. Bersama melawan Virus Coronan. Salam Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i. SSH UIN: Syarif Hidayatullah Jakarta. Vol.7 No 6. 2020.

Tufan Abdularahman, dkk. Covid-19, Immune System, Hyperinflamsi and Repurposing Antiheumatic Drugs. Turkis Journal of Medical Sciences.2020.50 :1-13 doi:10.3906/sag-2004-168

Tejasari, dkk, 2002. Aktivitas Stimulasi Komponen Biokatif Rimpang Jahe pada sel Limposit B Manusia Secara Invitro. Jurnal Teknol dan Industri Vol XIII, no 1 tahun 2002.

WHO.https://covid19.who.int/?gclid=CjwKCAjwlbr8BRA0EiwAnt4MTrUMj0uCPAGx4YN_jKQXsaJG7aBBKOHOfUqEA0Hswts_DHx2raRx2hoC3fMQAvD_BwE. Diakses pada tanggal 20 Oktober 2020

Published
2021-03-19
Section
Articles