Implementasi Pengembagan Usaha Melalui Media Sosial

  • Ufi Rumefi STIE YADIKA BANGIL

Abstract

Pademi covid-19 membuat tatanan perekonomian masyarakat menjadi sangat lemah dan terpuruk hal ini membuat para wirausaha harus memutar otak agar mampu bertahan pada masa-masa sulit seperti ini tim pengabdian masyrakat akan mencoba membantu dengan melakukan pemasaran melalui media sosial dengan harapan jangkauan media sosial lebih luas dan tanpa batasan waktu. Permaslahan yang mungkin di hadapi pada masa – masa seperti ini adalah persaingan yang semakin sulit dan di tambah dengan pademi yang sudah berlansung hampir 7 bulan membuat tingkat perekonomian semakin melemah dan sulitnya mempertahankan kelangsungan suatu usaha. Solusi yang mungkin bisa diberikan atas masalah yang telah di alamai wirausaha yaitu UMKM UD Sumber Agung ialah melakukan pemasaran secara online. Pemasaran secara online juga mempuyai banyak dampak positive di antaranya: memangkas biaya pemasaran secara offline luas wilayah pemasaran tidak teebatas waktu untuk melakukan kegiatan pemasaranpun tak terbatas.

 

Kata Kunci: Implementasi, Pengembangan Usaha, Media Sosial

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kristiyanti, M. ((2012)). Peran strategis usaha kecil menengah (UKM) dalam pembangunan nasional. Majalah Ilmiah Informatika, , 3(1), 63-89.

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1-17.

Rofiah, C., & Pancaningrum, E. (2019). Pelatihan Pemasaran On-Line Berbasis Media Sosial Sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Peserta Kepala Rumah Tangga Perempuan Di Desa Gedangan. Comvice: Journal of community service, 3(2), 38-45.

Romdonny, J. &. ((2018).). Peran Media Sosial Dalam Mendukung Pemasaran Produk Organisasi Bisnis. Ikra-Ith Ekonomika, , 1(2), 25-30.

Saifi M.2016.Pembimbing Pembuatan Proposal dan Pelaporan Pengabdian Pada Masyrakat

Sudjatmika, F. V. (2017). Pengaruh harga, ulasan produk, kemudahan, dan keamanan terhadap keputusan pembelian secara online di Tokopedia. com. Agora, 5(1).

Thaha, A. F. (2020). Dampak covid-19 terhadap UMKM di Indonesia. BRAND Jurnal Ilmiah Manajemen Pemasaran, 2(1), 147-153.

Utami, A. D., & Purnama, B. E. (2012, August). Pemanfaatan jejaring sosial (Facebook) sebagai media bisnis online (Studi kasus di batik Solo 85). In Seruni-Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer (Vol. 1, No. 1).

Warmayana, I. G. A. K. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing dalam Promosi Pariwisata pada Era Industri 4.0. PARIWISATA BUDAYA: JURNAL ILMIAH AGAMA DAN BUDAYA, 3(2), 81-92.

YADIKA.STIE.2020. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyrakat. Bangil.

Published
2021-01-01
Section
Articles