Implementasi Aplikasi Pemantau Kapasitas Pengunjung Restoran Sebagai Upaya Mendukung Program Peraturan Daerah Setempat Selama Masa Pandemi
Abstract
Wabah pandemi virus Covid-19 yang terjadi pada awal 2020 menuntut seluruh lapisan masyarakat dan pemerintah untuk melaksanakan pola hidup new normal demi mencegah penyebaran virus yang semakin meluas. Langkah pencegahan yang dilakukan pemerintah saat ini adalah dengan menyosialisasikan pola hidup new normal yaitu dengan mewajibkan seluruh masyarakat untuk selalu mencuci tangan, wajib menggunakan masker, mengurangi mobilitas atau bepergian, menjaga jarak aman sekitar 1 meter, serta membatasi jumlah pengunjung pada pusat perbelanjaan dan pusat keramaian, seperti restoran. Saat ini pada pusat perbelanjaan dan restoran telah diberlakukan pembatasan jumlah pengunjung sebanyak 50% dari kapasitas maksimal dari suatu ruangan atau area. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini, bahasannya difokuskan pada implementasi sistem penghitung jumlah pengunjung pada restoran, yang berfungsi untuk menghitung pengunjung yang masuk, keluar, dan masih berada dalam suatu ruangan di restoran Delisia Resto and Bakery. Selama ini yang dilakukan oleh Delisia Resto and Bakery untuk memantau pengunjung restoran hanya melihat dari CCTV saja, sehingga tidak mengetahui berapa jumlah pengunjung yang datang. Apabila jumlah pengunjung Resto banyak dan melebihi batas kapasitas maksimal yang diijinkan, maka pihak Resto akan diberi teguran oleh pihak yang berwenang. Pengabdian kepada Masyarakat ini, memberi kontribusi atau solusi yang berkenaan dengan monitoring jumlah pengunjung serta pemantauan kapasitas ruangan di Resto, sehingga nama baik Delisia Resto and Bakery dapat terjaga tanpa melanggar aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah daerah. Data hasil pemantauan dari kamera, disimpan pada file spreadsheet. Hal ini akan mempermudah pihak Resto untuk mencari, melihat, dan menunjukkan data yang dibutuhkan apabila diperlukan di kemudian hari, seperti bila ada inspeksi mendadak dari pihak yang berwenang. Dengan terselesaikannya Pengabdian kepada Masyarakat ini, pihak Delisia Resto and Bakery memberikan masukan adanya pengembangan fitur dari aplikasi yang telah diterapkan, yaitu penambahan fitur yang dapat menghitung berapa lama pengunjung yang makan di tempat telah berada di ruangan.
Kata kunci: Covid-19, protokol kesehatan, restoran