PELATIHAN DAN SOSIALISASI PURCHASING CONSORTIUM PADA KELOMPOK UMKM UNTUK MEMINIMASI BIAYA PEMBELIAN BAHAN BAKU DI KECAMATAN WIYUNG SURABAYA

  • Yekti Condro Winursito Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Indonesia
  • Nur Rahmawati Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Indonesia
  • Isna Nugraha Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Abstract

Abstract

SMEs find it very difficult to compete with large companies because it is difficult to get cheap raw material purchase prices with the purchase quotas made. Therefore, it is necessary to form a consortium. Forming a consortium can minimize risks arising from sales activities. Frozen food SMEs are mushrooming at this time because of the high demand for these products. However, frozen food SMEs, especially those in Wiyung District, are currently having difficulty competing with large distributors in marketing their products due to the high purchase price of raw materials due to suboptimal purchase quotas due to limited funds. The socialization and mentoring method was chosen to be able to help frozen food SMEs in understanding purchasing consortiums and the advantages offered by their establishment. The benefit that will be obtained by SMEs is the achievement of purchase quotas that can minimize the cost of purchasing raw materials issued.

Keywords: SME; Frozen Food; Purchasing Consortium; Procurement.

Abstrak

UMKM sangat sulit bersaing dengan perusahaan besar karena sulitnya mendapatkan harga pembelian bahan baku yang murah dengan kuota pembelian yang dilakukan. Oleh karena itu, perlu dibentuk consortium. Pembentukan consortium dapat memperkecil risiko yang ditimbulkan dari aktivitas penjualan. UMKM frozen food sangat menjamur saat ini karena tingginya permintaan produk tersebut. Namun, UMKM frozen food terutama yang ada di Kecamatan Wiyung saat ini masih kesulitan besaing dengan distributor besar dalam memasarkan produknya karena mahalnya harga beli bahan bakunya yang diakibatkan kuota pembelian yang kurang optimal karena keterbatasan dana yang dimiliki. Metode sosialisasi dan pendampingan dipilih untuk dapat membantu UMKM frozen food dalam memahami terkait purchasing consortium serta keunggulan yang ditawarkan dengan pembentukannya. Manfaat yang nantinya akan didapatkan oleh UMKM adalah tercapainya kuota pembelian yang dapat meminimumkan biaya pembelian bahan baku yang dikeluarkan.

Kata kunci: UMKM; Frozen Food; Purchasing Consortium; Pengadaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-31