RELATIONSHIP MARKETING DAN KUALITAS LAYANAN ACARA TERHADAP KEPUASAN PENONTON KONSER NCT DREAM DI JAKARTA

  • Isdayantri Mar’atus Sholichah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Diana Juni Mulyati Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Ayun Maduwinarti Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords: Relationship Marketing, Kualitas Layanan, Kepuasan Penonton

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh relationship marketing dan kualitas layanan acara musik terhadap kepuasan penonton konser NCT Dream yang diselenggarakan oleh Dyandra Global Edutainment di Jakarta. Konser musik merupakan salah satu bentuk hiburan yang sangat digemari, terutama di kalangan penggemar K-pop. Kepuasan penonton menjadi faktor krusial yang menentukan keberhasilan sebuah acara konser. Relationship marketing mencakup strategi dan upaya yang dilakukan untuk membangun dan memelihara hubungan baik dengan penonton, sementara kualitas layanan mencakup aspek-aspek seperti kenyamanan, keamanan, dan pengalaman keseluruhan yang diterima oleh penonton selama acara berlangsung. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitaif dengan pengumpulan data melalui e-kuesioner yang disebarkan kepada penonton konser NCT Dream. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan regresi linear berganda untuk mengetahui seberapa besar pengaruh masing-masing variabel terhadap kepuasan penonton. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik variabel relationship marketing maupun variabel kualitas layanan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan penonton. Komunikasi yang efektif dan interaksi yang baik antara penyelenggara acara dan penonton dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas penonton. Fasilitas yang memadai, pelayanan yang nyaman dan aman selama konser berkontribusi secara signifikan terhadap kepuasan penonton. Keterkaitan dari temuan ini adalah pentingnya penyelenggara konser untuk terus meningkatkan strategi relationship marketing dan kualitas layanan guna memastikan kepuasan penonton yang lebih tinggi, yang pada akhirnya dapat meningkatkan loyalitas dan kehadiran pada acara-acara selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, S. L., & Widayanto, W. (2019). Pengaruh Relationship Marketing Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Pt. Nasmoco Pemuda Semarang Bagian Servis). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(1), 242–251.
Chan, S. (2003). Relationship Marketing: Inovasi Pemasaran Yang Membuat Pelanggan Bertekuk Lutut. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama., 2003.
Choi, J.-W., Chang-Soo, S., & Hong-Joo, L. (2010). The Impact of Multi-dimensional Trust for Customer Satisfaction. The Korean Operations Research and Management Science Society, 16(02), 81–97.
Fandy, T. (2013). Pemasaran Jasa. Bayumedia Publishing, 2013.
Ghozali, M. (2021). Faktor kualitas pelayanan, kualitas produk dan margin terhadap minat nasabah pembiayaan Murabahah di Bank Syariah. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 65–76.
Kotler, P., Keller, K. L., Maulana, A., & Hardani, W. (2009). Manajemen pemasaran jilid 1 / Philip Kotler, Kevin Lane Keller; Editor: Adi Maulana, Wibi Hardani (13th ed.). Jakarta : Erlangga.
Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. (2008). Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat : Jakarta.
Maranisya, U., Delen, K., Leonard, R., Putri, M. E., Puspita, T. D., Kusmayanti, T., & Achmad, V. S. (2023). Pengaruh Kualitas Penyelenggaraan Acara Musik Terhadap Kepuasan Penonton Konser NCT 127 Neo City : Jakarta – The Link. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 6(1), 267–270.
Ndubisi, N. O. (2007). Relationship marketing and customer loyalty. Marketing Intelligence and Planning, 25(1), 98–106.
Pardede, S. P ., Baharuddin, G., Riskarini, D., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2024). Investigasi Korelasi Antara Fanatisme, Promosi, Dan Harga: Studi Kasus Pada Band Korea Nct Dream. Jurnal Riset Bisnis, 7(2), 262–271.
Reva Sumual, N., Steven Wenas, R., & Ch Kawet, R. (2022). Analisis Pengaruh Relationship Marketing, Store Atmosphere, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Net Coffee N Resto Langowan). Jurnal EMBA, 10(4), 1697–1707.
Septiana Sari, D. (2018). Pengaruh Relationship Marketing dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Ramayana Robinson Medan. World Development, 9(1), 1– 15.
Simbar, F. K. (2016). Fenomena Konsumsi Budaya Korea Pada Anak Muda Di Kota Manado. Jurnal Holistik, 10(18), 1–20.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Sugiyono - 2015.pdf (p. 346).
Sunyoto, D. (2015). Perilaku Konsumen dan Pemasaran (Cetakan Pe). Yogyakarta : CAPS (Certer For Academic Publishing Service), 2015.
Susanto, R., Mulyati, A., & Juni Mulyati, D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Brand Trust , Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. JNE Cabang Utama Sidoarjo. DINAMIKA, 9(1), 1– 6.
Tiara Andika, S., Maduwinarti, A., & Chairuz M. Nasution, U. (2023). Vol . No . ( 2023 ) Pegaruh Relationship Marketing Dan Experiental Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Klinik Kecantikan Bening ’ S Clinic Surabaya. SOSIALITA.
Tjiptono & Chandra. (2019). Service, Quality Dan Customer. CV . Andi Offset.
Wibowo S. F., Raidah R. A., & Rahmi. (2019). Analisis Pengaruh E-Service Quality Dan Perceived Service V alue Terhadap Kepuasan Pelanggan Tokopedia. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) |, 10(1), 148– 166.
Y unitasari, E., Maduwinarti, A., Mulyati, A., & Bisnis, A. (2022). Pengaruh E- Payment Dan E-Service Quality Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Shopee Di Surabaya. DINAMIKA, 08.
Yurianto, A. O., & Dewi, R. S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Nasabah Asuransi Unit Link PT. Prudential Life Assurance Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 753–761.
Zeithaml, V. A., Berry, L. L., & Parasuraman, A. (2012). The Behavioral Consequences of Service Quality. 60, 16.
Published
2024-07-31