Pengaruh Affiliate Marketing dan Online Customer Reviews TikTok Shop Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z
Abstract
Perilaku konsumen global saat ini bergeser dari offline shopping menjadi online shopping. Hal tersebut dikarenakan masyarakat menginginkan sesuatu yang mudah dan praktis. Ketatnya persaingan ini mendorong para pelaku usaha untuk meningkatkan strategi pemasaran agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Adanya media sosial menjadi salah satu penolong para pelaku usaha untuk menjalankan strategi pemasarannya. Keputusan yang tepat bagi TikTok yang kemudian memperkenalkan social commerce-nya yaitu TikTok Shop. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh affiliate marketing dan online customer reviews TikTok Shop terhadap keputusan pembelian pada generasi Z di Surabaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling (non-random sampling). Responden dalam penelitian ini sebanyak 100 orang yaitu generasi Z di Surabaya. Pengumpulan data menggunakan e-kuesioner dengan media Google Form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa affiliate marketing dan online customer reviews TikTok Shop berpengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian generasi Z di Surabaya.
Downloads
References
Akfinniha, R., & Sari, D. K. (2022). The Influence of Brand Ambassadors, Viral Marketing, and Online Customer Reviews on Purchase Decisions on Online Shopping Applications in Sidoarjo Regency. Indonesian Journal of Law and Economics Review, 17. doi:10.21070
Ash Shiddiqy, I., & Faradila, F. A. (2024). Pengaruh Affiliate Marketing Terhadap Purchase Decision Melalui Buying Interest (Studi pada Konsumen Produk Skintific). Rimba, 2(1), 159–169. doi:10.61132
Ashari, N. N., & Indayani, L. (2023). Persepsi Generasi Z Pada Affiliate Marketing, Online Customer Experiences dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Journal Umsida, 1–8. doi:10.21070
Curty, R. G., & Zhang, P. (2011). Social commerce: Looking back and forward. Proceedings of the American Society for Information Science and Technology, 48(1), 1–10. doi:10.1002
Farki, A., Baihaqi, I., & Wibawa, M. (2016). Pengaruh Online Customer Review dan Rating terhadap Kepercayaan dan Minat Pembelian pada Online Marketplace di Indonesia. Jurnal Teknik ITS, 5(2)
Fauza Husna. (2023). Peran Affiliator dalam Menarik Minat Belanja Konsumen. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 2, 299–306. doi:10.36441
Ferdiansyah, G., & Rahayu, A. (2019). Pengaruh Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online yang Dimediasi oleh Kepercayaan Konsumen (Survei pada Pengguna E- commerce di Indonesia). Journal of Business Management Education (JBME), 2(2), 17–20. doi:10.17509
Herdianti, I. T., Pujianto, A., & Andayani, S. (2023). Pengaruh Tagline Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Luwak White Kofie Pada Masyarakat Penikmat Kopi Di Sidoarjo. Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis, 9(1), 77–81
Meliawati, T., Gerald, S. C., & Akhmad Edhy Aruman. (2023). The Effect of Social Media Marketing TikTok and Product Quality Towards Purchase Intention. Journal of Consumer Sciences, 8(1), 77–92. doi:10.29244
Misra, I., Zakiah, Z., & Sukmana, E. T. (2021). Mekanisme Bagi Hasil pada Sistem Affiliate Marketing Taqychan Saffron. al iqtishadiyah jurnal ekonomi syariah dan hukum ekonomi syariah, 7(2), 94. doi:10.31602
Muhamad, N. (2024). Tiktok, Aplikasi yang Paling Banyak Diunduh di Indonesia pada 2023. Databoks
Nur Afifa Agustin. (2023). Pengaruh Affilliate Marketing, Live Streaming, Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian Online Dalam Tiktokshop. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 3(3), 137–152. doi:10.55606
Putri, A. K., Pratiwi, N. M. I., & Andayani, S. (2022). Pengaruh Online Customer Review dan Product Knowledge Terhadap Keputusan Pembelian Produk Avoskin Pada Instagram. Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis, 1–5
Sutanto Leo, Kiat Jitu Menulis Skripsi, Tesis, dan Disertasi, (Jakarta: Erlangga, 2013)
Ul Haq, Z. (2012). Affiliate marketing programs: A study of consumer attitude towards affiliate marketing programs among Indian users. International Journal of Research Studies in Management, 1(1). doi:10.586