KUALITAS PRODUK, KEPERCAYAAN MEREK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IMPLANT ORTHOPEDI PADA PT. ARTHROTECH
Abstract
Dengan semakin bertumbuhnya perkembangan industri kesehatan, khususnya pada industri perdagangan implant orthopedi. Hal ini menjadikan industri perdagangan implant orthopedi sebagai peluang bagi produsen dan penyedia implant orthopedi. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi pengaruh Kualitas Produk, Kepercayaan Merek serta Promosi pada Keputusan Pembelian produk implant orthopedi merek AAP Joints GmbH pada PT. Arthrotech Medika Indonesia. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan 100 sampel yang diisi oleh Dokter Spesialis Orthopedi dan Tenaga Kesehatan. Hasil studi ini memperlihatkan bahwasanya variabel Kualitas Produk secara terpisah berpengaruh positif serta signifikan pada Keputusan Pembelian, kemudian variabel Kepercayaan Merek berpengaruh positif namun tidak signifikan pada Keputusan Pembelian dan variabel Promosi tidak berpengaruh positif serta signifikan pada Keputusan Pembelian. Namun, secara bersamaan keseluruhan variabel independen berpengaruh positif serta signifikan pada Keputusan Pembelian implant orthopedi merek AAP Joints GmbH pada PT. Arthrotech Medika Indonesia.
Downloads
References
Andiwilapa, P . G. Y . (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Lampung Walk Di Bandar Lampung. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689– 1699.
Annisa, M. (2016). Pengaruh citra merek, kepercayaan merek dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas merek jasa kurir.
Cieza A, Causey K, K. K. (2023). World Health Organization Osteoarthritis. WHO. diakses pada 19 Juni 2024.
Dadang Suhardi, R. I. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 72–77.
Dicky, A. (2021). Pengaruh Gaya Hidup, Persepsi Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung (Studi Kasus di Wilayah Kecamatan Tanjung Priok).
Dilasari, Y. S. R., & Zubadi, H. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Rabbani Store Di Kota Magelang. Business and Economics Conference In Utilizing of Modern Technology, 743. journal.unimma.ac.id
Erik Purwanto. (2014). Tinjauan Pustaka Kualitas Produk, Citra Merek dan Keputusan Pembelian. Jakarta Pusat) Jurnal Inovisi TM.
Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17.
Fabiana Meijon Fadul. (2019). Pengaruh Brand Trust Terhadap Eskalasi Atensi Konsumen Maskapai Garuda Indonesia Di Bandar Udara Internasional Lombok. 7–21.
Hasbullah & Munchtar. (2022). Pengaruh inovasi produk , kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian Ms Glow. Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Manajemen, 18(4), 826–831.
Herman Djaya, M. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Abhakte Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 16–24.
Hisan, K., & Rizkia, K. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Situs Lazada (Studi Kasus Pada Masyarakat Kota Langsa). Ekombis Review: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 9(2), 255–262. jurnal.unived.ac.id
Indah Muarifah, Awin Mulyati, S. A. (2021). Terhadap Keputusan Pembelian di Chatime Transmart Rungkut Surabaya. Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Teknologi Informasi), 3(5), 21–95. repository.untag-sby.ac.id
Smith Nephew Jha. (2022). Fact.MR Orthopedic Implants Market. Fact.MR. factmr.com
Sofian Kurniata, Hotman Panjaitan, & Wiwik Retnaningsih. (2014). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Implant Orthoepedi (Zimmer) Pada PT. Gana Semesta Mandiri. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Manajemen, 1, 11–21.
Syafitri, A., Sari, E. R., & Sanjaya, V. F. (2021). Pengaruh Citra Merek, Promosi Dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Scarlett Whitening (Studi Kasus Mahasiswi UIN Raden Intan Lampung). Al-Multazim Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 1(1), 25–38.
Widodo, A. N. (2020). Pengaruh Stres Kerja & Kompensasi terhadap Organizational Citizenship Behavior pada Driver Grabbike Malang. 20–25.
Dan Harga Terhadap Keputusan Transmart Pembelian Di Rungkut Surabaya. Chatime
Joseph Ravi. (2024). Aap Joints (p. Home Aap Joints GmbH). aap-joints.com
Karlinda Anika Rigita Putri, Awin Mulyati, D. J. M. (2021). Pengaruh Promosi, Fasilitas, Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Di Wisata Kampoeng Djawi Jombang. Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis, 7(1), 12. jurnal.untag-sby.ac.id
Khoirul, M., Maduwinarti, A., & Pujianto, A. (2020). Pengaruh Citra Merek, Desain Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Persebaya Store Di Surabaya. Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis, 6(1), 37–43.
Nastaysa Pratama Amanullah, Diana Juni Mulyati, I. A. M. (2021). Analisis Komparasi Lokasi, Kualitas, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Sentra PKL Bratang Binangun Surabaya dan Sentra PKL Bungkul Surabaya). Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis, 7.
Parulian, R. Y . (2021). (2021). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Gildak Rawamangun). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE), 2(Celebrity Endorser, Brand Image, Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian), 6–8.
Rosnaini Daga. (2019). Buku Citra, Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan (Issue May 2017). researchgate.net
Savitri, S., Ni, M. I. P., & Pujianto, A. (2020). Analisis Komparasi Brand Trust Dan Brand Awareness Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Produk Kosmetik MS GLOW Dan Naavagreen Di Surabaya. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan