CELEBRITY WORSHIP, WORD OF MOUTH, BRAND AWARENESS TERHADAP IMPULSIVE BUYING MERCHANDISE K-POP DI SHOPEE
Abstract
Kebudayaan Korea Selatan yang semakin diminati di Indonesia juga membawa perubahan bagi masyarakatnya, salah satunya kegiatan berbelanja yang tidak terencana di Shopee terhadap barang yang berhubungan dengan artis favoritnya. Hal ini dapat ditinjau dengan variabel Celebrity Worship, Word Of Mouth, Brand Awareness, dan Impulsive Buying. Studi ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis pengaruh Celebrity Worship, Word Of Mouth, dan Brand Awareness terhadap Impulsive Buying merchandise K-Pop di Shopee. Sebanyak 100 responden dijadikan sampel penelitian dan purposive sampling diterapkan sebagai teknik penelitian ini. Studi ini mempergunakan kuesioner dalam mengumpulkan data. IBM SPSS Statistics 25 dipergunakan sebagai analisis regresi linear berganda. Temuan studi mengunjukkan bahwasanya variabel Celebrity Worship dan Brand Awareness secara keseluruhan berdampak positif dan signifikans terhadap Impulsive Buying. Namun, secara keseluruhan variabel Word Of Mouth tidak memiliki pengaruh terhadap Impulsive Buying. Secara bersama-sama Celebrity Worship, Word Of Mouth, dan Brand Awareness berdampak positif dan signifikans terhadap Impulsive Buying. Oleh karena itu disarankan bagi pihak-pihak di Shopee agar dapat meningkatkan promosi dan mempertahankan kualitas pelayanan dengan cara mengiklankan merchandise diikuti gambar atau video dari idola K-Pop untuk mengoptimalkan pembelian spontan.
Downloads
References
Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Helm LTD (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara). Pendekatan. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 897.
Asrie, N. D., & Misrawati, D. (2020). Celebrity Worship dan Impulsive Buying Pada Penggemar KPOP Idol. Journal of Psychological Perspective, 2(2), 91–100.
Attan, M. B., & Natsir, K. (2023). Studi Tentang Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Consumptive Behavior Pada Kolektor Merchandise K-Pop. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 7(1), 187–201.
Effendi, S., Faruqi, F., Mustika, M., & Salim, R. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan, Electronic Word of Mouth dan Hedonic Shopping Motivation Terhadap Pembelian Impulsif pada Aplikasi Shopee. Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 17(02), 22–31.
Fidela Tyoni, A., & Syarifah, D. (2022). Pengaruh Celebrity Worship dan Self- esteem terhadap Impulsive Buying pada Penggemar K-POP Dewasa Awal. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental (BRPKM), X, 1–9.
Haqim, I., M. (2023). Pengaruh Brand Image, Word Of Mouth dan Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying dengan Religiusitas Sebagai V ariabel Moderating (Studi Pada Outlet 3 Second Salatiga).
Kaho, T. A., Wijaya, P., & Benu, J. (2023). Kontribusi Celebrity Worship Terhadap Pembelian Impulsif Pada Remaja Penggemar K-Pop. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(9).
Kotler, P. dan Keller, K., L. (2016). Manajemen Pemasaran. PT. Indeks.
Maltby, J., Day, L., McCutcheon, L. E., Houran, J., & Ashe, D. (2006). Extreme Celebrity Worship, Fantasy Proneness and Dissociation: Developing the Measurement and Understanding of Celebrity Worship Within a Clinical Personality Context. Personality and Individual Differences, 40(2), 273–283.
Maltby, J., Giles, D. C., Barber, L., & McCutcheon, L. E. (2005). Intense- Personal Celebrity Worship and Body Image: Evidence of a Link Among Female Adolescents. British Journal of Health Psychology, 10(1), 17–32.
Maltby, J., Houran, J., & McCutcheon, L. E. (2003). A Clinical Interpretation of Attitudes and Behaviors Associated With Celebrity Worship. Journal of Nervous and Mental Disease, 191(1), 25–29.
Mardiayanti, M., & Andriana, A. N. (2022). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk serta Review Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(3), 1091–1109.
Maulani, C. (2020). Pengaruh Word of Mouth Dan Brand Awareness Terhadap Impulse Buying (Studi Kasus Konsumen Butik Zidna By Qonithah). Conference on Innovation and Application of Science and Technology, Ciastech, 29–38.
Melanio, R. (2022). Pengaruh Celebrity Worship Terhadap Impulsive Buying Pada Dewasa Awal Penggemar K-Pop Di Jabodetabek. Skripsi. Universitas Negeri Jakarta.
Napitupulu, S., Tapiomas, N., dan Tobink, R. (2021). Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis dengan Teori-Teori Para Ahli. (Cetakan Kedua). Atalya Rileni Sudeco.
Novitasari, A. D., Mulyati, A., & Pratiwi, N. M. I. (2019). Pengaruh Word Of Mouth Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Berkunjung Di Jatim Park 3. Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis, 1(1), 1–20.
Nugraini, E. D. (2016). Fanatisme Remaja Terhadap Musik Populer Korea Dalam Perspektif Psikologi Sufistik : Studi Kasus Terhadap EXO-L. Skripsi. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Nurhidayati, & Yuliantari, K. (2018). Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Fish Streat Cabang Tebet. Widya Cipta, II(1), 69–75.
Permata, Moh Haris Indra., Maruta, Anom IGN., Novaria, R. (2019). Pengaruh Kesadaran Merek dan Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Asus Di Kota Surabaya. Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis, 1(2).
Satriadi, Wanawir, Hendrayani, E., Siwiyanti, L., N. (2021). Manajemen Pemasaran (Cetakan 1). Penerbit Samudra Biru.
Shanada, A., Sri, R., & Tjahjono, A. E. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kesadaran Merek, Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mr. Suprek Surabaya. Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis, 7(1).
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, cv.
Wandini, F. A. S. (2017). Pengaruh Celebrity Worship terhadap Sikap Konsumen dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian (Survei pada Pengguna Produk Chateau Labiotte Wine Lipstick/Lip Tint yang Dipengaruhi oleh Lirik Lagu “Lotto” oleh EXO). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 50(2), 203–209.