DISKON HARGA, KERAGAMAN PRODUK, IKLAN ONLINE TERHADAP IMPULSIVE BUYING PRODUK JINISO MELALUI LIVE SHOPEE
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang mana bertujuan untuk mengetahui pengaruh diskon harga, keragaman produk dan iklan online terhadap impulsive buying produk JINISO melalui E- Commerce Live Shopee pada Gen Z di Untag Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah semua orang yang pernah melakukan pembelian di Shopee terutama di Live Shopee JINISO dengan sampel dari Rao Purba sebanyak 100 responden dan ditentukan menggunakan teknik non probability sampling. Data primer diperoleh menggunakan kuesioner yang telah dibagikan secara online melalui google form dan data sekunder diperoleh secara tidak langsung dari media perantara seperti studi pustaka.Berdasarkan hasil uji SPSS diperoleh bahwa instrumen penelitian menunjukan semua indikator valid dan reliabel. Berdasarkan hasil uji t bahwa variabel diskon harga berpengaruh signifikan terhadap impulsive buying, keragaman produk tidak berpengaruh signifikan terhadap impulsive buying dan iklan online tidak berpengaruh signifikan terhadap impulsive buying. Sedangkan dari uji F secara bersama-sama semua variabel bebas secara simultan berpengaruh terhadap impulsive buying. Adapun kesimpulan dan rekomendasi yang bisa penulis tunjukan bagi peneliti selanjutnya, untuk kesimpulannya bahwa dalam penelitian ini menunjukkan variable diskon harga berpengaruh signifikan, variable keragaman produk dan iklan online tidak berpengaruh signifikan terhadap impulsive buying melalui e- commerce Live Shopee pada Gen Z di Untag Surabaya, dan untuk rekomendasinya sendiri sebaiknya diharapkan penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dan melakukan penelitian dengan objek yang berbeda serta variabel yang berbeda, misalkan pada variabel citra merk dan word of mounth (WOM) yang dapat mempengaruhi impulsive buying, dan bagi perusahaan diharapkan JINISO dapat mengembangkan usahannya terutama di diskon harga, keragaman produk dan iklan online.
Downloads
References
Artana, I. P. W., Wisesa, I. G. B. S., Setiawan, I. K., Utami, N. L. P . M. P ., Yasa, N. N. K., & Jatra, M. (2019). Pengaruh Store Atmosphere, Display Product, Dan Price Discount Terhadap Impulse Buying (Studi kasus pada Indomaret di kota Denpasar). E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 4, 369. https://doi.org/10.24843/eeb.2019.v08.i04. p03
Hoch, S. J., & Loewenstein, G. F. (1991). Time-inconsistent Preferences and Consumer SelfControl. Journal of Consumer Research, 17(4), 492–507. https://doi.org/10.1086/20857
Lestari, S. I. P. (2018). Pengaruh Price Discount dan Bonus Pack terhadap Impulse Buying melalui Nilai Hedonik di Carrefour Surakarta. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 7(2), 129. https://doi.org/10.30588/jmp.v7i2.362
Rizal, M. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Impulse Buying pada Indomaret di Kota Langsa. 4(2), 393–402.
Wibowo, S. F., & Karimah, M. P.( 2012). Pengaruh Iklan Televisi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Lux ( Survei Pada Pengunjung Mega Bekasi Hypermall). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 3(1), 1–15 Hasil Turnitin Jurnal