Pengaruh Perceived Quality dan Brand Loyalty Terhadap Keputusan Pembelian Hijab Zoya di Kota Surabaya
Abstract
Perkembangan industri fashion muslim di Indonesia telah mendorong pertumbuhan berbagai produk hijab, membuat perusahaan semakin aktif dan responsif dalam memenuhi kebutuhan pasar dengan meningkatkan persepsi kualitas dan loyalitas merek, terutama pada konsumen wanita. Persepsi positif terhadap kualitas produk dapat menciptakan keyakinan dan kepercayaan konsumen, yang pada akhirnya menghasilkan loyalitas dalam keputusan pembelian. Zoya adalah perusahaan di industri fashion muslim yang berfokus pada menciptakan inovasi gaya busana muslim terbaru bagi para wanita muslimah, terutama pada produk hijab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Perceived Quality dan Brand Loyalty terhadap Keputusan Pembelian Hijab Zoya pada konsumen wanita di kota Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan analisis data deskriptif. Pengumpulan data sampel melalui Non-probability Sampling dengan teknik Purposive Sampling sehingga jumlah sampel penelitian adalah 100 sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui Google Form. Hasil pada penelitian menunjukkan bahwa Perceived Quality secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Hijab Zoya. Brand Loyalty secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Hijab Zoya. Secara simultan, Perceived Quality dan Brand Loyalty berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Hijab Zoya.
Downloads
References
Akbar, T. S., Fitrah, Y., & Rafli, M. (2023). Pengaruh, Persepsi Harga, Persepsi Kualitas, dan Loyalitas Merek Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Shopee. Jurnal Neraaca Manajemen, Ekonomi, 3(1), 1–14.
Alfia, N., & Dwiridotjahjono, J. (2023). Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Merek terhadap Loyalitas Merek Lipstik Wardah : Studi pada Pelanggan Lipstik Wardah di Surabaya. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5, 32–44.
Alvarez, D. M., & Rubiyanti, R. N. (2021). Pengaruh Brand Awareness, Perceived Quality, dan Brand Loyalty Terhadap Keputusan Pembelian Berulang (Studi Dilakukan Pada Konsumen Produk Eiger di Kota Bandung). Jurnal e-Proceeding of Management, 8(3), 1–6.
Fauzi, D. H. (2021). Determinasi Keputusan Pembelian dan Pembelian Ulang (Literature Review Manajemen Pemasaran). JIMT: Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(6), 790– 800.
Heriyati, P., Bismo, A., & Erwinta, M. (2024). Jakarta’s Generation Z and Local Fashion Industry: Unveiling the Impact of Brand Image, Perceived Quality, and Country of Origin. Binus Business Review, 15(1), 69– 77.
Kumbara, V . B. (2021). Determinasi Nilai Pelanggan dan Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Produk, Desain Produk dan Endorse. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 604–630.
Limento, N. Y., & Cahyadi, L. (2020). Analisis Pengaruh Brand Loyalty, Brand Association, Brand Awareness dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian. JCA Ekonomi, 1(2), 530–538.
Rahmawati, S., Pratiwi, N. M. I., & Tjahjono, E. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merek Consina di Surabaya (Studi Kasus Pada Consina Store Dharmahusada Surabaya). Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis, 6(2).
Rantau, A. S., Andayani, S., & Tjahjono, E. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kesadaran Merek dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mr. Suprek Surabaya. Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis, 7.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta.
Sunyoto, D. (2015). Perilaku konsumen dan pemasaran. CAPS.