GREEN MARKETING, BRAND AMBASSADOR, DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN FORE COFFEE DI SURABAYA

  • Mustika Shafa Nabila Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Ni Made Ida Pratiwi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Awin Mulyati Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords: Green Marketing, Brand Ambassador, Brand Awareness, Keputusan Pembelian

Abstract

Perkembangan industri F&B (Makanan dan Minuman) di Indonesia semakin meningkat di era saat ini, sehingga tidak jarang restoran, kafe, dan kedai kopi menjadi tempat yang dituju. Hal ini didukung dengan salah satu contohnya yaitu maraknya bisnis Coffee Shop. Kedai Kopi atau dikenal juga dengan kedai kopi merupakan sebutan bagi seseorang untuk memberi nama pada suatu usaha yang tidak hanya menjual kopi saja, namun juga berbagai macam makanan serta minuman panas atau dingin yang juga akan menghasilkan limbah. Limbah industri inilah yang menjadi tujuan penulis untuk meneliti apakah Green Marketing menggunakan topik ekologi khususnya topik permasalahan lingkungan hidup. Tak hanya itu, Brand Ambassador juga semakin banyak digunakan oleh para pebisnis untuk memasarkan bisnisnya guna mendapatkan manfaat dari masyarakat. Kemudian, semakin beragamnya nama brand Coffee Shop juga dapat mendorong konsumen untuk merespon Brand Awareness pada bisnis tersebut. Jadi dapat disimpulkan bahwa penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Green Marketing, Brand Ambassador dan Brand Awareness terhadap keputusan pembelian Fore Coffee di Kota Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 100 sampel yang diisi oleh pengunjung yang pernah membeli dan mengkonsumsi Fore Coffee di Kota Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel Green Marketing mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, variabel Brand Ambassador mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian dan variabel Brand Ambassador mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Dan secara simultan secara keseluruhan variabel independen mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Kopi Fore di Kota Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina Rennie, Hinggo Tachta Hichmaed, and Zaki Hammam. 2023. “Pengaruh Brand Ambassador, E-WOM, Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Merdeka EMBA 2 (1): 1–11.
Alma, Buchari. 2014. Manajemen Pemasara Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Cece, Ike Sen. 2015. “Pengaruh Brand Origin, Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Sepatu Macbeth Di Sogo Galaxy Mall Surabaya.” E-Jurnal Manajemen Kinerja 1 (2): 101–10.
Dahlstrom, Robert. 2010. Green Marketing Management.
Izza, Nur Rohmatul, Ayun Maduwinarti, and Awin Mulyati. 2021. “Pengaruh Tagline Dan Brand Ambassador Terhadap Pembelian Implusif Konsumen Neo Coffee.” Dinamika Administrasi Bisnis 7 (2).
Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. 2020. “Marketing Managemnet.” In , 15th ed, 181. London: Pearson Education.
Lea Greenwood, Gaynor. 2012. Fashion Marketing Communications E-Book.
Permata, Moh. Haris Indra, IGN. Anom Maruta, and Rachmawati Novaria. 2019. “Pengaruh Kesadaran Merek dan Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pemblian Laptop Asus di Kota Surabaya.”
Rosyada, Faradilla, Amaylia, and Renny Dwijayanti. 2023. “Pengaruh Green Marketing Dan Green Product Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sukin.” Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) 11 (3): 305–12.
Sani Savitri, Novi Marlena. 2023. “Pengaruh Green Marketing, Green Brand Image, dan Green Knowledge Terhadap Kepuasan Pelanggan Produk Cleo Eco Green di Wilayah Surabaya” Volume 11.
Shanada, Aga, Rantau Sri, and Andayani Endro Tjahjono. 2021. “Pengaruh Citra Merek, Kesadaran Merek, Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mr. Suprek Surabaya.” Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis.
Sujarweni, A. V. Wiratna. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi. Pertama. Yogyakarta: Pustaka Baru.
Widianti, Ayun, Sri Andayani, and Diana Juni Mulyati. 2019. “Pengaruh Brabnd Awareness dan Kualitas Produk Terhadap Loyaitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Showroom Bodypack Wilayah Surabaya).” Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis 53 (9):
Published
2024-12-06