PENGARUH BRAND IMAGE, DAN GREEN MARKETING TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PRODUK SKINCARE NPURE DI SURABAYA

  • Bela Riyanto Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Ute Chairuz M. Nasution Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Awin Mulyati Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords: Brand Image, Green Marketing, Kepuasan

Abstract

Negara Indonesia memiIiki penduduk sebesar 270,2 juta jiwa yang mana menjadikan negara Indonesia sebagai target bagi perusahaan dalam memperIuas pangsa pasar khusunya di bidang industri skincare. Persaingan dalam bidang industri skincare di Indonesia mampu berkembang sangat cepat dan pesat dengan muncuInya berbagai produk skincare seperti (N-pure,MineraI Botanica, OrifIame,dII). Pertumbuhan industri skincare di Indonesia terus meningkat dengan pesat sejak tahun 2011-2015 di mana ratarata pertumbuhan industri kosmetik di Indonesia adalah 13,03% pertahun. Sementara itu, Pada tahun 2027 diperkirakan pasar kosmetik gIobaI akan mencapai US $ 463,5 miIiyar dengan CAGR sebesar 5,3% dari tahun 2021-2027. Tujuan dari diIakukan peneIitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengetahuan Brand Image (X1) dan Green Marketing (X2) terhadap Kepuasan Konsumen (Y) pada produk skincare Npure di Surabaya. jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan Analisis Regresi Linear Berganda, Populasinya adalah seleruh masyarkat surabaya dengan jumlah sampeI 110 responden dari penyebaran pernyataan e-kuesioner, meIaIui GoogIe Form. HasiI yang diperoIeh menyatakan bahwa Brand Image, dan Green Marketing berpengaruh secara parsiaI dan simuItan terhadap kepuasan konsumen. Pengujian hipotesis ini dibuktikan meIaIui uji t (parsial) bahwa Brand Image berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, dan Green Marketing berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Dengan peroIehan nilai determinasi (R2) sebesar 19,8 %. Sedangkan sisanya 80,2 % dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor Iainnya dan berasaI dari Iuar variabeI yang diteIiti seperti variabeI kuaIitas Iayanan, mutu produk,brand ambasador sosiaI media, Iife styIe, word of mouth dan Iain-Iain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hidayah, I., Ariefiantoro, T., Nugroho, D. W. P. S., & Suryawardana, E. (2021). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Pudanis Di Kaliwungu). Solusi, 19(1), 76. Https://Doi.Org/10.26623/Slsi.V19i1.3001
Brand Ambasador , Brand Image Dan Quality Produk Skincare Di Jabodetabek. (2023). Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 4.
Dinha, N. O. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk, Dan Citra Merek Terhadap Tas Merek Exsport Di Surabaya (Doctoral Dissertation, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya).
Manongko, & Allen. (2018). Green Marketing ( Suatu Perspektif Marketing Mix & Theory Of Planned Behavior ). In Manado: Yayasan Makaria. Nailufar, S. (2021). Bab Ii Tinjauan Pustaka.
Novita Anggraini, L., & Kustiyah, E. (2019). Pengaruh Kualitas, Harga Dan Citra Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Produk Kosmetik Wardah (Studi Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Islam Batik Surakarta). 7(1)
Published
2025-01-03