PENGARUH DESAIN PRODUK, CITA RASA, DAN HIGIENITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MIXUE SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh desain produk, cita rasa, dan higienitas terhadap keputusan pembelian produk Mixue di Surabaya. Dengan meningkatnya persaingan di industri makanan dan minuman, khususnya minuman kekinian, penting bagi perusahaan untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden yang pernah membeli produk Mixue. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain produk tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sementara cita rasa dan higienitas terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan. Cita rasa menjadi faktor dominan yang mendorong keputusan pembelian, diikuti oleh higienitas yang memberikan rasa aman kepada konsumen. Secara simultan, ketiga variabel tersebut berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Mixue. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi Mixue untuk terus meningkatkan variasi desain produk dan menjaga kualitas cita rasa serta higienitas untuk mempertahankan dan menarik lebih banyak konsumen.
Downloads
References
Faiha, M. N. (2022). Pengaruh Konsistensi Cita Rasa dan Harga Produk HIMAJAS Bagi Konsumen untuk Melakukan Pembelian Ulang. International Journal Administration, Business and Organization (IJABO), 3(3), 6–13.
Ferdinand, F., Saputra, M. H., Tan, F., Favian, L., & Tio, M. (2024). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Mixue di The Hok. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan (JUMANAGE), 3(1), 323–335. https://doi.org/10.33998/jumanage.2024.3.1.1589
Mufidah, A., & Nurhadi, N. (2023). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Minuman Kekinian Di Kalangan Remaja Kota Surabaya. Jurnal Agriscience, 2(3), 729–742.
Nasrullah, J. A., Mulyati, A., & Maduwinarti, A. (2022). Pengaruh Cita Rasa Produk Dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Upnormal Coffee Nginden Surabaya. 176–180.
Nugraha, Y. E. (2019). Penerapan Higienitas Dan Sanitasi Di Restoran The View Rooftop Grand La Villais Seminyak. Journey : Journal of Tourismpreneurship, Culinary, Hospitality, Convention and Event Management, 1(1 Special Edition), 229–247. https://doi.org/10.46837/journey.v1i1.25
Salam, A., & Widajanto, M. B. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ice Cream Diamond di Surabaya. Management & Accounting Research Journal Global, 6(2), 441–452.
Saputra, V. N., Mulyati, A., & Andayani, S. (2015). Analisis Pengaruh Variasi Produk, Cita Rasa, Dan Higienitas Terhadap Minat Beli Konsumen ( Studi Kasus Pada Ice Cream Zangrandi Surabaya). Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis, 1(2), 1–14.
Ula, A. A., Suseno, N. S., & Basit, A. A. (2020). Pengaruh Promosi Melalui Social Media terhadap Keputusan Pembelian yang Dimediasi oleh Word Of Mouth Communication di KFC. Journal of Knowledge Management, 14(2), 60–70.