PENERAPAN AIDA (ATTENTION, INTEREST, DESIRE, ACTION) TERHADAP KEPUASAN ONLINE SHOPPING DI SHOPEE
Keywords:
Aplikasi, AIDA, Kepuasan Online Shopping
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh signifikan AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) dalam Aplikasi Shopee dan Kepuasan berbelanja secara online pada konsumen di Shopee. Shopee sebagai salah satu marketplace yang sering dikunjungi memiliki fitur yang menarik sehingga banyak pengguna yang mendownload aplikasi tersebut di ponsel mereka. Tidak hanya pembeli namun shopee juga memfasilitasi penjual untuk memasarkan dagangannya dengan mudah serta pembeli dimudahkan dengan proses pembayaran yang aman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Responden dalam penelitian ini terdapat 100 responden dari pengguna aplikasi Shopee. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling, yang mana peneliti berkomunikasi dengan responden kemudian memberikan E Kuisioner melalui link Google form. Setelah itu dilakukan pengujian atau pengolahan data berupa uji t dan uji F. Dengan demikian, Kesimpulan dari penelitian ini adalah a.) Terdapat Pengaruh signifikan Attention Terhadap Kepuasan Online Shopping di Shopee. b.) Terdapat Pengaruh signifikan Interest Terhadap Kepuasan Online Shopping di Shopee. c.) Terdapat Pengaruh signifikan Desire Terhadap Kepuasan Online Shopping di Shopee. d.) Terdapat Pengaruh signifikan Action Terhadap Kepuasan Online Shopping di Shopee. e.) Terdapat Pengaruh signifikan Attention, Interest, Desire, dan Action terhadap Kepuasan Online Shopping di Shopee secara bersamaan.Downloads
Download data is not yet available.
References
Djatnika, T. Usahawan (2007). Manajemen Indonesia. Komunikasi Pemasaran. PT. Remaja Rosdakarya.
Djatnika, T. (2009). Manajemen Pemasaran. Erlangga.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing (17th ed.). Pearson Education.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Erlangga. Pemasaran.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2019). Manajemen Pemasaran (Edisi Mile). Prenhalindo.
Shimp, T. A., & Andrews, J. C. (2010). Advertising Promotion and Other Aspects of Integrated Marketing Communications. Cengage Learning.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suryana. (2010). Penelitian : Penelitian Model Metodologi Prakatis Kuantitatif dan Kualitatif. Universitas Pendidikan Indonesia.
Suswanto, P., & Setiawati, S. D. (2020). Strategi Pemasaran Komunikasi Shopee Dalam Membangun Positioning Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Ilmu Ilmu Komunikasi, 3(2), 16–29.
Virgioni, D. (2020). Analisis Pengaruh Konsep Aida ( Attention , Efektifitas Periklanan ; Studi Kasus Pada Pt . 7(2), 83–92.
Djatnika, T. (2009). Manajemen Pemasaran. Erlangga.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing (17th ed.). Pearson Education.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Erlangga. Pemasaran.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2019). Manajemen Pemasaran (Edisi Mile). Prenhalindo.
Shimp, T. A., & Andrews, J. C. (2010). Advertising Promotion and Other Aspects of Integrated Marketing Communications. Cengage Learning.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suryana. (2010). Penelitian : Penelitian Model Metodologi Prakatis Kuantitatif dan Kualitatif. Universitas Pendidikan Indonesia.
Suswanto, P., & Setiawati, S. D. (2020). Strategi Pemasaran Komunikasi Shopee Dalam Membangun Positioning Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Ilmu Ilmu Komunikasi, 3(2), 16–29.
Virgioni, D. (2020). Analisis Pengaruh Konsep Aida ( Attention , Efektifitas Periklanan ; Studi Kasus Pada Pt . 7(2), 83–92.
Published
2025-04-24
Section
Articles