Pengaruh Pemasaran Digital Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Di Marketplace Tokopedia Pada Generasi Milenial
Keywords:
Pemasaran Digital, Gaya Hidup, Keputusan Pembelian, , Produk Fashion, Marketplace Tokopedia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemasaran digital dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian produk fashion di marketplace Tokopedia pada generasi milenial. Dengan meningkatnya penggunaan internet dan platform e-commerce di Indonesia, khususnya di kalangan generasi milenial, penting untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain survei, dimana data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada 100 responden yang merupakan pengguna aktif Tokopedia. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda untuk menguji pengaruh simultan dari pemasaran digital dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran digital memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, begitu pula dengan gaya hidup. Penelitian ini memberikan wawasan bagi pemasar dan pengelola Tokopedia untuk merancang strategi pemasaran yang lebih efektif dalam menjangkau generasi milenial.Downloads
Download data is not yet available.
References
Adi Wiranata, I. K., Putu Agung, A. A., & Surya Prayoga, I. M. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Quality Product dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Roti di Holland Bakery Batubulan. Jurnal EMAS, 2(3), 133–146. https://ejournal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/1827%0Ahttps://ejournal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/download/1827/1480
Inayati, T., Johan Efendi, M., & Safika Dewi, A. (2022). Pengaruh Digital Marketing, Electronic Word of Mouth, dan Lifestyle terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee Indonesia. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri Terapan (JTMIT), 1(3), 202–209.
Jane Monginsidi, S., Sepang, J., & Soepeno, D. (2019). PENGARUH LIFESTYLE DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU NIKE (STUDI KASUS MANADO TOWN SQUARE) EFFECT OF LIFESTYLE AND PRICE ON THE DECISION OF PURCHASE OF NIKE SHOES (CASE STUDY OF MANADO TOWN SQUARE). In Pengaruh… 2949 Jurnal EMBA (Vol. 7, Issue 3).
L ridwan, A. (2023). PENGARUH VIRAL MARKETING DAN PROMOSI PENJUALAN APLIKASI TIK TOK DI UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.
Nur Masyithoh, I., & Novitaningtyas, I. (2021). PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 7(1). https://doi.org/10.36805/manajemen.v7i1.1951
Putri Dhofitri, C. R., Maduwinarti, A., & Pratiwi, N. M. I. (2023). Analisis Pengaruh Word of Mouth, Variasi Produk, dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Pada Es Teh Indonesia di Surabaya. SOSIALITA.
Rahmawati, S., Pratiwi, N. M. I., & Tjahjono, E. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merek Consina di Surabaya (Studi Kasus Pada Consina Store Dharmahusada Surabaya). Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis, 6(2).
Sastra Millenium, A., Suardana, I. W., & Kusuma Negara, I. M. (2021). Pengaruh Digital Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Startup Bike Rental Bananaz Bali. Jurnal IPTA, 9(1), 173. https://doi.org/10.24843/ipta.2021.v09.i01.p17
Sekar Rahmawati, C., Mulyati, A., & Mulyati, D. J. (2021). Pengaruh Gaya Hidup, Inovasi Produk dan Daya Tarik Iklan Terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen di Umama Gallery Surabaya. Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis.
Thania, G. S. K., & Anggarini, Y. (2021). Pengaruh Gaya Hidup, Online Festivel, dan Beauty Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di Masa Pandemi Covid -19. Journal.Stimykpn, 2(2), 275–286.
Wirata, I. N. (2021). PENGARUH PEMASARAN DIGITAL DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IN-HOUSE EVENT DI SEMINYAK, BALI. JURNAL KEPARIWISATAAN, 20(1), 68–74. https://doi.org/10.52352/jpar.v20i1.436
Inayati, T., Johan Efendi, M., & Safika Dewi, A. (2022). Pengaruh Digital Marketing, Electronic Word of Mouth, dan Lifestyle terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee Indonesia. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri Terapan (JTMIT), 1(3), 202–209.
Jane Monginsidi, S., Sepang, J., & Soepeno, D. (2019). PENGARUH LIFESTYLE DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU NIKE (STUDI KASUS MANADO TOWN SQUARE) EFFECT OF LIFESTYLE AND PRICE ON THE DECISION OF PURCHASE OF NIKE SHOES (CASE STUDY OF MANADO TOWN SQUARE). In Pengaruh… 2949 Jurnal EMBA (Vol. 7, Issue 3).
L ridwan, A. (2023). PENGARUH VIRAL MARKETING DAN PROMOSI PENJUALAN APLIKASI TIK TOK DI UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.
Nur Masyithoh, I., & Novitaningtyas, I. (2021). PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 7(1). https://doi.org/10.36805/manajemen.v7i1.1951
Putri Dhofitri, C. R., Maduwinarti, A., & Pratiwi, N. M. I. (2023). Analisis Pengaruh Word of Mouth, Variasi Produk, dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Pada Es Teh Indonesia di Surabaya. SOSIALITA.
Rahmawati, S., Pratiwi, N. M. I., & Tjahjono, E. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merek Consina di Surabaya (Studi Kasus Pada Consina Store Dharmahusada Surabaya). Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis, 6(2).
Sastra Millenium, A., Suardana, I. W., & Kusuma Negara, I. M. (2021). Pengaruh Digital Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Startup Bike Rental Bananaz Bali. Jurnal IPTA, 9(1), 173. https://doi.org/10.24843/ipta.2021.v09.i01.p17
Sekar Rahmawati, C., Mulyati, A., & Mulyati, D. J. (2021). Pengaruh Gaya Hidup, Inovasi Produk dan Daya Tarik Iklan Terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen di Umama Gallery Surabaya. Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis.
Thania, G. S. K., & Anggarini, Y. (2021). Pengaruh Gaya Hidup, Online Festivel, dan Beauty Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di Masa Pandemi Covid -19. Journal.Stimykpn, 2(2), 275–286.
Wirata, I. N. (2021). PENGARUH PEMASARAN DIGITAL DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IN-HOUSE EVENT DI SEMINYAK, BALI. JURNAL KEPARIWISATAAN, 20(1), 68–74. https://doi.org/10.52352/jpar.v20i1.436
Published
2025-04-28
Section
Articles