PENGARUH PROMOSI ONLINE, GREEN MARKETING, DAN DAYA TARIK TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG DI EDU WISATA LONTAR SEWU GRESIK

  • Azaida Anggun Hildana Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Ayun Maduwinarti Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Ute Chairuz M. Nasution Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords: promosi online, green marketing, daya tarik, dan kepuasan pengunjung

Abstract

Penelitian ini secara menyeluruh bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi online green marketing, dan daya tarik terhadap kepuasan pengunjung di edu wisata lontar sewu gresik. Dunia usaha harus melakukan inovasi yang menarik minat wisatawan untuk berkunjung di satu tempat atau keadaan alam yang dibangun dan dikembangkan dengan sumber daya pariwisata, mempunyai daya tarik dan potensi untuk menarik wisatawan, serta menjadi tempat untuk dikunjungi wisatawan. Saat ini, perkembangan bisnis wisata sudah menghadapi persaingan yang semakin ketat, dengan menjalankan strategi bisnisnya masing-masing agar dapat bertahan dan terus eksis dikalangan masyarakat konsumen, Metode penelitian yang digunakan pendekatan metode kuantitatif. Jumlah populasi dalam penlitian in berjumlah 100 orang yang merupakan pengunjung edu wisata lontar sewu gresik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik non probabilty sampling. Yang mana peneliti berkomunikasi dngan responden melalui google quesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial bahwa variabel promosi online berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung, variabel green marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung, namun variabel daya tarik berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Dengan meningkatkan daya tarik untuk terus melakukan inovasi terhadap wisata tersebut agar Edu Wisata Lontar Sewu akan semakin menjadi pilihan utama masyarakat untuk berkunjung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi (1998). Prosedur penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta Barnadib, Im
Ayu, S., & Rosli, M. S. B. (2020). Uji Reliabilitas Instrumen Penggunaan SPADA (Sistem Pembelajaran dalam Jaringan). Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 6(1), 145-155.
Baharuddin, A., Kasmita, M., & Salam, R. (2017). Analisis Kepuasan Wisatawan Terhadap Daya Tarik Wisata Malioboro Kota Yogyakarta. Jurnal Ad’ministrare, 3(2), 107.
Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). Guepedia.
Hadjar, Ibnu (1996). Dasar-dasar metodologi penelitian kuantitatif dalam pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada Tiara Wacana
Hidayah, S. A., & Apriliani, R. A. E. (2019). Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, Kualitas Produk, Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Batik Pekalongan (Studi Pada Pasar Grosir Setono Batik Pekalongan). Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 1(1), 24-31.
Indhawati, A. (2022). PENGEMBANGAN OBJEK WISATA LONTAR SEWU OLEH BUMDesa DI DESA HENDROSARI KECAMATAN MENGANTI KABUPATEN GRESIK (Doctoral dissertation, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur).
Indhawati, A., & Widiyarta, A. (2022). Pengembangan Objek Wisata Lontar Sewu oleh Bumdesa.
Iranita, I. (2020). Peranan Faktor Promosi Dalam Memasarkan Produk Terhadap Perilaku Pembelian Online Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kota Tanjungpinang). Bahtera Inovasi, 4(1), 25-35.Jurnal Kebijakan Publik, 13(2), 152-157.
Kiftiah, T., Tarigan, E. D. S., Sahir, S. H.,& Siregar, D. (2022). Pengaruh Green Marketing dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Tupperware di Jalan Setia Budi. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (JIMBI), 3(2), 218-224.
Kusnandar, D. L. (2016). Pengaruh Green Marketing Terhadap Pengambilan keputusan (Studi Empiris pada Greenhost Boutique Hotel)
Maliada, A., Tamengkel, L. F., & Walangitan, O. F. (2023). Pengaruh Promosi Online Terhadap Minat Kunjungan Wisatawan Lambangan Pauno Di Desa Kendek. Productivity, 4(5), 616624.
Nazir, Moh. (1988). Metode penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia Soekanto, Soerjono (1997). Sosiologi suatu pengantar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Osiyo, A. K. M. (2018). Pengaruh green marketing terhadap green brand image dan purchase intention pelanggan pada starbucks coffee malang. Jurnal Strategi Pemasaran, 5(2), 1-9.
Pertiwi, B. A. S., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh Strategi Green Marketing Dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Kaos Lokal Kerjodalu. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 13761382.
Published
2025-04-28