ANALISIS BISNIS SOCIAL ENTREPRENEURSHIP DENGAN MODEL BISNIS CANVAS DI UMKM TIARA HANDICRAFT

  • Alem Maulana Alana Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Ayun Maduwinarti Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Awin Mulyati Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Abstract

UMKM Tiara Handicraft adalah sebuah usaha kecil yang bergerak di bidang olah textile. Produk yang dihasilkan adalah berbagai produk kreatif kebutuhan sehari-hari yang sangat beragam. Mulai dari tas, baju, dompet hingga berbagai kebutuhan ruang tamu dan dapur. Hal ini menjadikan Tiara Handicraft sebagai tempat usaha kreatif yang bisa menghasilkan berbagai produk textile kustom sesuai kebutuhan pelanggan. Namun UMKM Tiara Handicraft tidak hanya bergerak secara konvensional bisnis, namun UMKM Tiara Handicraft juga memiliki misi Sosial untuk memberdayakan disabilitas dengan memberikan pelatihan dan kesempatan kerja. Hal ini menjadikan UMKM Tiara Handicraft sebagai sebuah perusahaan Social Entrepreneurship. Dalam penelitian ini, peneliti bermaksud untuk mengulas konsep wirausaha social yang dilakukan di Tiara Handicraft dan mencoba menjabarkan konsep usaha tersebut dalam Business Model Canvas. Melalui Business Model Canvas dapat dianalisa keunggulan dan kelemahan program Sociopreneur di Tiara Handicraft. Melalui Business Model Canvas juga dapat diketahui solusi yang dibutuhkan dalam peningkatan kapasitas usaha dan penyempurnaan agar UMKM Tiara Handicraft dapat berjalan lebih baik. Metode penelitian yang digunakan adalah Kualitatif Deskriptif dengan pendekatan Studi Kasus. Untuk menggambarkan konsep Social Entrepreneurship di Tiara Handicraft dapat menggunakan Business Model Canvas yang berbentuk Triple Bottom Line. Hasil Penelitian ini diharapkan bisa sebagai bahan referensi bagi peneliti selanjutnya. Hasil penelitian juga bisa digunakan sebagai strategi untuk keuntungan UMKM Tiara Handicraft di masa yang akan datang.
Kata Kunci : UMKM, Tiara Handicraft, Sociopreneur, Business Model Canvas

 

ABSTRACT
Tiara Handicraft is an SME’s (Small Medium Enterprise) which works in creative textile-based production. The product which produces on Tiara Handicraft is daily use creative product and has many variances. Start from Bags, Purse, clothes and living room accessories. Basically, all textile based creative product. This activity made Tiara Handicraft as a creative place where produce many customize creative product which could meet customer needs. But, Tiara Handicraft not just work as Conventional Business. Tiara Handicraft also work on Social Mission to empowering disability people with training and working field for Disability People. This activity made Tiara Handicraft as a Social Entrepreneurship Company.This Research done in order to analyze the concept of Social Entrepreneurship in Tiara Handicraft and try to describe the concept in Business Model Canvas. Through this Model can be Analyzed
the strength and weakness of the Social Entrepreneurship Program in Tiara Handicraft. Through Business Model Canvas can also be analyzed the solution needed to improve the company capacity and run efficiently. The Research method that used in this research is Descriptive Qualitative method with Study Case Approach. To describe the concept of Social Entrepreneurship in Tiara Handicraft, researcher use Triple Bottom Line Business Model Canvas. The result of this Research expected to be strategic advantage for Tiara Handicraft in future.
Keyword: SME’s, Tiara Handicraft, Social Entrepreneurship, Business Model Canva

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Alem Maulana Alana, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Ayun Maduwinarti, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Awin Mulyati, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Published
2023-02-28