PENGARUH HARGA, CITA RASA DAN VARIASI PRODUK TERHADAP MINAT BELI PRODUK PISANG LUMPUR LUMERE DI SURABAYA

  • Aditya Rahadian Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Awin Mulyati Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Sri Andayani Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Abstract

Perkembangan bisnis di Abad ke-22 telah berkembang sangat pesat dan mengalami metamorfosis yang berkesinambungan di bidang usaha kuliner. Kemunculan bisnis kuliner didasarkan pada perilaku masyarakat yang memiliki daya beli tinggih. Masyarakat juga menyukai hal-hal yang praktis. Makanan yang banyak diminati saat ini adalah makanan dengan rasa kekinian seperti pisang lumpur lumere, Menu yang ditawarkan ada beberapa varian dan rasa seperti pisang lumpur yang di kasih selai coklat, tiranissu, taro, matcha dll atau toping seperti oreo,caramel dan mocca sehingga dengan pemilihan cita rasa produk akan mendatangkan minat beli konsumen. Harga termasuk faktor yang sangat berpengaruh dalam pertimbangan keputusan konsumen untuk membeli suatu produk, ditambah juga Cita Rasa juga berpengaruh jika pelanggan merasa puas terhadap cita rasa yang ditawarkan oleh produk pisang lumpur lumere, maka pelanggan akan semakin loyal terhadap produk pisang lumpur lumere. Variasi produk juga berpengaruh untuk menambah varian produk mengenai banyaknya menu dan Rasa yang ditawarkan hal tersebut menambah minat beli konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis mengenai Pengaruh Harga, Cita Rasa, dan Variasi Produk terhadap Minat Beli produk Pisang Lumpur Lumere di Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan menggunakan media kuesioner sebagai instrumen penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang pernah membeli produk Pisang Lumpur Lumere Surabaya. Penelitian ini menggunakan Acidental sampling. Yaitu pengambilan anggota sampel dan populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil yang diperoleh dari uji analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa Harga, Cita Rasa, dan Variasi Produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian.
Kata Kunci: Harga, Cita Rasa, Variasi Produk, dan Minat Beli


ABSTRACT
Business development in the 22nd Century has developed very rapidly and experienced a continuous metamorphosis in the field of culinary business. The emergence of the culinary business is based on the behavior of people who have high purchasing power. People also like things that are practical. Foods that are in great demand right now are foods with contemporary flavors such as Lure Mud Bananas. The menu offered has several variants and flavors such as Mud Bananas which are given chocolate jam, Tiranissu, Taro, Matcha etc. or toppings such as Oreo, Caramel and Mocca so that by selecting The taste of the product will bring consumer buying interest. Price is a very influential factor in considering a consumer's decision to buy a product, plus taste also has an effect if the customer is satisfied with the taste offered by the
Lure Lure banana product, then the customer will be more loyal to the Lumere Mud Banana product. Product variations also have an effect on increasing product variants regarding the number of menus and flavors offered, this increases consumer buying interest. This study aims to determine and analyze the effect of price, taste, and product variation on buying interest for Lumere Banana Mud products in Surabaya. This study uses a quantitative method, using a media questionnaire as a research instrument. The population in this study were people who had bought Lumere Surabaya Banana Mud products. This study uses non-simple random sampling. That is, the sampling and population members are taken randomly without regard to the existing strata in the population. as many as 100 respondents. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis. The results obtained from the data analysis test in this study indicate that Price, Taste, and Product Variation have a significant influence on Purchasing Decisions.
Keywords: Price, Taste, Product Variation, and Buying Interest

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Aditya Rahadian, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Awin Mulyati, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Sri Andayani, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Published
2023-02-28