Strategi Pemasaran Pada Rumah Makan Ayam Bakar Pak D Nginden Surabaya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran di Rumah Makan Ayam
Bakar Pak D Nginden. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan metode analisis SWOT
untuk memanfaatkan peluang dan memaksimalkan kekuatan, mengurangi kelemahan, serta menghindari
ancaman. Dari hasil penelitin analisis SWOT tersebut maka dapat diketahui bahwa Rumah Makan Ayam Bakar
Pak D Nginden sedang menjalankan strategi SO (Strenght and Opportunity), yaitu strategi dimana organisasi
menggunakan kekuatan dan peluang yang dimiliki untuk menjalankan usahanya. Dengan demikian Rumah
Makan Ayam Bakar Pak D Nginden sebaiknya berkosentrasi mempertahankan dan meningkatkan produk yang
bervariasi dan khas yang sesuai selera atau kebutuhan kepada masyarakat untuk mendapatkan pelanggan yang
lebih setia dan tetap kreatif menggunakan teknologi yang semakin canggih untuk memperluas jarigan
pemasaran dengan baik.
Kata kunci: Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Marketing Mix, IFAS, EFAS
Abstract
This study aims to determine how the marketing strategy at the Pak D Nginden Grilled Chicken
Restaurant. This study uses a qualitative descriptive method with a SWOT analysis method to take advantage
of opportunities and maximize strengths, reduce weaknesses, and avoid threats. From the results of the SWOT
analysis, it can be seen that Pak D Nginden Grilled Chicken Restaurant is running an SO (Strenght and
Opportunity) strategy, which is a strategy where the organization uses its strengths and opportunities to run
its business. Thus Pak D Nginden Grilled Chicken Restaurant should concentrate on maintaining and
improving varied and distinctive products that suit the tastes or needs of the community to get more loyal
customers and remain creative using increasingly sophisticated technology to expand the marketing network
well.
Keywords: Marketing Strategy, SWOT Analysis, Marketing Mix, IFAS, EFAS