Pengaruh Digital Marketing dan Persepsi Manfaat Terhadap Keputusan Pengguna GoFood di Mojokerto Saat Pandemi Covid-19

  • Shafira Aulia Ramadhania Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Damajanti Sri Lestari Universitas Dr. Soetomo Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh digital marketing dan persepsi
manfaat terhadap keputusan pengguna GoFood di Mojokerto saat pandemi Covid-19 baik
secara simultan dan parsial serta untuk mengetahui variabel yang dominan terhadap keputusan
pengguna GoFood. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian
kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang telah melakukan transaksi
pembelian makanan dengan menggunakan layanan GoFood lebih dari satu kali pada bulan
Desember 2021 sampai dengan Januari 2022, jumlah sampel sebanyak 96 responden yang telah
disebarkan melalui kuesioner. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling
dalam mengumpulkan respondennya serta menggunakan rumus cochran dalam menentukan
sampel karena jumlah populasi penelitian ini tidak diketahui. Selanjutnya, data analisis
menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji F, uji t,
serta uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa digital marketing dan
persepsi manfaat mempunyai pengaruh baik secara simultan maupun parsial terhadap
keputusan pengguna GoFood serta persepsi manfaat merupakan variabel yang dominan
berpengaruh terhadap keputusan pengguna GoFood di Mojokerto saat pandemi Covid-19.
Kata kunci : Digital Marketing, Persepsi Manfaat, GoFood.


ABSTRACT
This research aims to determine the effect of digital marketing and perception of
usefulness on the decisions of gofood users in mojokerto during the covid-19 pandemic both
simultaneously and partially as well as to determine the dominant variable on the decisions of
gofood users. This research is a quantitative research with a causal research method. The
population in this study are consumers who have made food purchase transaction using gofood
service more than once in December 2021 to January 2022, has a total sample of 96
respondents who have been distributed through questionnaires. This study used a simple
random sampling technique to collect respondents and used the Cochran formula in
determining the sample because the population of this study was unknown. Furthermore, the
data analysis used instrument test, classical assumption test, multiple linear regression
analysis test, simultaneous test, partial test, and determination coefficient test. The results of
this study indicate that digital marketing and perception of usefulness have an effect both
simultaneously and partially on the decisions of gofood users and perception of usefulness is
the dominant variable influencing on the decisions to of gofood users in mojokerto during the
covid-19 pandemic.
Keywords : Digital Marketing, Perception of Usefulness, GoFood.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Shafira Aulia Ramadhania, Universitas Dr. Soetomo Surabaya

Fakultas Ilmu Administrasi

Damajanti Sri Lestari, Universitas Dr. Soetomo Surabaya

Fakultas Ilmu Administrasi

Published
2023-02-28