PENGARUH HARGA DAN LOKASI TERHADAP MINAT PEMBELIAN ULANG KONSUMEN NASI BUMBU MADURA DI FOOD COURT AIOLA SURABAYA

  • Yuli Viana Dewi Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Liling Listyawati Universitas Dr. Soetomo Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan lokasi terhadap minat
pembelian ulang konsumen nasi bumbu madura di food court Aiola Surabaya baik secara
simultan dan parsial serta untuk mengetahui variable yang dominan terhadap minat
pembelian ulang konsumen. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode
penelitian kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang telah melakukan
pembelian minimal 2 kali transaksi di nasi bumbu madura pada bulan Desember 2021
sampai dengan Januari 2022, jumlah sampel sebanyak 96 responden yang telah disebarkan
melalui kuesioner. Penelitian ini menggunakan Teknik simple random sampling dalam
mengumpulkan respondennya serta menggunakan rumus Cochran dalam menentukan
sampel karena jumlah populasi penelitian ini tidak diketahui. Selanjutnya, data analisis
menggunakan uji instrument, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji F, uji
t, serta uji koefisiensi determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga dan lokasi
mempunyai pengaruh baik secara simultan maupun parsial terhadap minat pembelian ulang
serta lokasi merupakan variable yang dominan berpengaruh terhadap minat pembelian ulang
konsumen nasi bumbu madura di food court Aiola Surabaya.
Kata kunci : Harga, Lokasi, dan Minat Pembelian Ulang


ABSTRACT
This research aims to find out the influence of price and location on the interest of
repurchasing consumers of madura rice in food court aiola Surabaya both simultaneously
and partially and to find out the dominant variables to repurchase interest. This research is
quantitative research with causal research methods. The population in this study was
consumers who had made purchases in nasi bumbu madura at least 2 transactions in
December 2021 to January 2022, the sample number of 96 respondents who had been
distributed through questionnaires. This study used simple random sampling techniques in
collecting respondents and usedthe cochran formula in determining samples because the
population number of this study is unknown. Furthermore, the analysis data uses instrument
tests, classical assumption tests, multiple linear regression analysis tests, F tests, t tests, and
determination coefficient tests. The results of this study show that digital marketing and the
perception of benefits have an influence both simultaneously and partially on repurchase
interest and location is the dominant variable that affects the consumer repurchase interest
of madura spice rice in the food court aiola Surabaya.
Keywords: Price, Location, and Repurchase Interest

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Yuli Viana Dewi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya

Fakultas Ilmu Administrasi

Liling Listyawati, Universitas Dr. Soetomo Surabaya

Fakultas Ilmu Administrasi

Published
2023-02-28