ANALISIS HARGA, KUALITAS PELAYANAN, DAN TATA LETAK YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN DI CAFE AOLA LAMONGAN

  • Dewi Rohmatun Ni'mah Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Andry Herawati Universitas Dr. Soetomo Surabaya

Abstract

Salah satu bisnis yang sedang berkembang di Indonesia saat ini adalah kedai kopi atau
Cafe.Hal tersebut didukung oleh pernyataaan International Coffee Organization (ICO)
mencatat Indonesia Berada di urutan ke-6 negara dengan konsumsi kopi terbesar di
dunia di bawah Rusia, sehingga bisnis cafe ini dinilai sangat menjanjikan hasilnya,
namun hal tersebut juga akan membangkitkan persaingan yang sengit antar pengusaha.
Salah satu cara untuk dapat bertahan dengan persaingan tersebut yakni dengan
memperhatikan kepuasan konsumen. Kepuasan merupakan suatu hal yang harus
diperhatikan oleh pelaku usaha. Oleh karena itu pelaku bisnis harus memperhitungkan
segala faktor yang dapat menjadikan konsumen merasa puas. Setelah mengetahui
beberapa permasalahan diatas, maka peneliti mencari dan menganalisis apa saja faktorfaktor
yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan, dan seberapa tingkat
pengaruhnya terhadap kepuasan pelanggan. Dalam hal ini terdapat beberapa faktor
yang peneliti pilih dalam fokus pembahasan penelitian ini yaitu faktor harga, kualitas
pelayanan dan tata letak dengan kepuasan pelanggan.Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian kausal.penelitian yang bertujuan untuk
mengetahui hubungan yang sifatnya sebab- akibat antara variabel (independent)
terhadap variabel yang lain (dependen). Dengan jumlah sampel penelitian sebanyak
100 responden.Data tersebut dikumpulkan menggunakan teknik studi lapangan berupa
wawancara dan kuesioner.Uji hipotesis dilakukan menggunakan analisis korelasi
ganda. Hasil pembahasan pada penelitian ini menunjukan bahwa : Terdapat pengaruh
secara silmutan antara harga, kualitas pelayanan, tata letak dengan kepuasan konsumen
di cafe Aola Lamongan dengan nilai koefisien determinasi (R2) yaitu 79,9 serta
Terdapat pengaruh secara parsial antara tiap variabel bebas dengan variabel terikat.
Kata Kunci : Harga, Kualitas Pelayanan, Tata Letak, KepuasanKonsumen

ABSTRACT
One of the growing businesses in Indonesia today is a coffee shop or cafe. This is
supported by the statement of the International Coffee Organization (ICO) noting that
Indonesia is in the 6th place with the largest coffee consumption in the world after
Russia, so the cafe business is considered very promising results, but it will also
generate fierce competition between entrepreneurs. . One way to survive the
competition is to pay attention to customer satisfaction. Satisfaction is something that
must be considered by business actors. Therefore, business people must take into
account all the factors that can make consumers feel satisfied. After knowing some of
the problems above, the researchers searched and analyzed what factors could affect
customer satisfaction, and how much influence they had on customer satisfaction. In
this case, there are several factors that the researchers chose in the focus of the
discussion of this study, namely the price factor, service quality and layout with
customer satisfaction. This research uses a quantitative approach, with the type of
causal research. research that aims to determine the causal relationship between
variables (independent) to other variables (dependent). With the number of research
samples as many as 100 respondents. The data was collected using field study
techniques in the form of interviews and questionnaires. Hypothesis testing was carried
out using multiple correlation analysis. The results of the discussion in this study
indicate that: There is a simultaneous influence between price, service quality, layout
and customer satisfaction at Aola Lamongan cafe with a coefficient of determination
(R2) that is 79.9 and there is a partial influence between each independent variable and
the dependent variable.
Keywords: Price, Service Quality, Layout, Consumer Satisfaction

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Dewi Rohmatun Ni'mah, Universitas Dr. Soetomo Surabaya

Fakultas Ilmu Administrasi

Andry Herawati, Universitas Dr. Soetomo Surabaya

Fakultas Ilmu Administrasi

Published
2023-02-28