ANALISIS PENERAPAN BISNIS DIGITAL DI ERA 4.0 PADA USAHA MIKRO KECIL TIARA HANDICRAFT SURABAYA

  • Bagus Prasetyo Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Ayun Maduwinarti Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Ni Made Ida Pratiwi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Abstract

Setiap element pada saat ini sudah memasuki era revolusi industri 4.0, yang membuat dampak begitu signifikan termasuk pada sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). semakin berkembangnya industri kreatifitas dengan mengikuti perkembangan zaman, maka tingkat permintaan masyarakat semakin tinggi. Melihat minat masyarakat terhadap produk-produk kerajinan tangan semakin tinggi terutama di kalangan anak muda, maka tidak menutupi kemungkinan bahwa UMKM kerajinan tangan memiliki potensi untuk berkembangan lebih besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui nilai sistem produksi, dan sistem marketing dalam penerapan bisnis digital di era 4.0 kepada Usaha Mikro Kecil. Sistem produksi berorientasi dalam pengaruh teknologi terhadap proses produksi dalam menghasilkan barang atau jasa secara efisien dan praktis, sedangkan sistem marketing mengetahui proses dan strategi yang dilakukan dalam menghadapi perkembangan teknologi informasi, sehingga pemasaran yang dilakukan di era bisnis digital 4.0 dapat terstruktur dan termanajemen. Dalam hal tersebut perlu adanya pembiasan dalam penggunaan segala macam teknolgi untuk memudahkan proses kerja. Dalam analisis penelitian ini mengetahui berbagai macam aspek yang membantu dan mendorong UMKM di era 4.0, sehingga mampu untuk memanajemen setiap manfaat teknologi masa kini agar lebih tepat guna.
Kata Kunci : Bisnis Digital 4.0, Sistem Produksi, Sistem Pemasaran (Marketing)

ABSTRACT
Every element has now entered the era of the industrial revolution 4.0, which has had a significant impact, including the Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) sector. the more developed the creative industry by keeping up with the times, the higher the level of public demand. Seeing that people's interest in handicraft products is increasing, especially among young people, it does not rule out the possibility that handicraft SMEs have the potential for greater development. This study aims to determine the value of production systems and marketing systems in implementing digital business in the 4.0 era for Micro and Small Enterprises. The production system is oriented towards the influence of technology on the production process in producing goods or services efficiently and practically, while the marketing system knows the processes and strategies used in dealing with developments in information technology so that marketing carried out in the digital business era 4.0 can be structured and managed. In this case, there needs to be a habit in the use of all kinds of technology to facilitate the work process. In the analysis of this research, we know the various aspects that help and encourage MSMEs in the 4.0 era, so they are able to manage every benefit of today's technology so that it is more efficient.
Keywords: Digital Business 4.0, Production System, Marketing System

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Bagus Prasetyo, Universitas Dr. Soetomo Surabaya

Fakultas Ilmu Administrasi

Ayun Maduwinarti, Universitas Dr. Soetomo Surabaya

Fakultas Ilmu Administrasi

Ni Made Ida Pratiwi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Published
2023-02-28