PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND IDENTITY DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BATIK KHAS DAERAH TANJUNG BUMI KABUPATEN BANGKALAN

  • Mohamad Soleh Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • IGN Anom Maruta Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Sri Andayani Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Abstract

Sebagai warisan pendahulu bangsa ini, batik telah ditetapkan UNESCO yang telah mengukuhkan batik sebagai mahakarya pusaka kemanusiaan lisan dan tak benda kepada Indonesia. Sebagai bangsa yang berbudaya, bangsa Indonesia wajib menjaga kelestarian budaya batik ini. Batik Madura adalah salah satu bentuk seni budaya yang muncul dari kearifan lokal dari masyarakat Madura, batik ini juga banyak diminati dan populer di kalangan konsumen lokal dan internasional. Banyak dari masyarakat masih belum mengenal macam motif batik yang ada di Indonesia tersebut. Salah satunya adalah Batik Madura. Batik Madura sendiri diproduksi di setiap kabupaten yaitu Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep. Masing-masing daerah tersebut mempunyai ciri dan corak yang berbeda misal batik Tanjung Bumi Bangkalan memiliki corak beragam dan warna cerah karena termasuk ketegori batik pesisiran. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah adalah pengaruh brand image, brand identity dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada produk batik khas daerah Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalaln. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh brand image, brand identity dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan dengan jenis penelitian asosiasif. Populasi dalam penelitian ini adalah yaitu seluruh konsumen yang membeli produk batik khas daerah Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan dengan jumlah sampel yang di ambil 100 responden. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis regresi linier berganda, uji determinasi R2 , dan uji hepotesis (uji F dan uji t). Hasil penelitian ini menunjukkna bahwa brand image dan brand identity tidak berpengauh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun simultan Terhadap Keputusan Pembelian.
Kata kunci: Brand Image, Brand Identity, Kualitas Produk dan Keputusan Pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Mohamad Soleh, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

IGN Anom Maruta, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Sri Andayani, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Published
2023-02-28