Pengaruh Nilai Anggota dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Anggota (Pada Koperasi Simpan Pinjam di Wilayah Dusun Simorejo Kepohbaru Bojonegoro)

  • Iza Maulida Fauziah Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Andry Herawati Universitas Dr. Soetomo Surabaya

Abstract

Kualitas layanan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan anggota,
apabila kualitas layanan tidak baik maka akan memberi pengaruh yang tidak baik terhadap
kepuasan anggota. Selain itu nilai anggota juga menentukan dalam kepuasan anggota yang
dilakukan oleh anggota. Tujuan yang didiskusikan dari penelitian ini adalah mengetahui
pengaruh nilai anggota dan kualitas layanan terhadap kepuasan anggota. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunakan seluruh populasi tanpa
harus menarik sampel penelitian karena jumlah populasinya tidak lebih besar 100 orang
responden, yaitu anggota koperasi simpan pinjam di wilayah Dusun Simorejo Kepohbaru
Bojonegoro yang berjumlah 85 anggota. Sumber data dari penelitian ini adalah data primer,
teknik pengumpulan data melalui survey. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai
anggota tidak berpengaruh terhadap kepuasan anggota, sedangkan kualitas layanan
berpengaruh terhadap kepuasan anggota. Nilai anggota dan kualitas layanan berpengaruh
terhadap kepuasan anggota. Kualitas layanan paling berpengaruh terhadap kepuasan anggota.
Kata kunci : Nilai Anggota, Kualitas Layanan, Kepuasan Anggota


ABSTRACT
Service quality is one of the factors that affect member satisfaction, if the service
quality is not good it will have a bad influence on member satisfaction. In addition, customer
value also determines the satisfaction of members carried out by members. The purpose
discussed in this study is to determine the effect of customer value and service quality on
customer satisfaction. This study uses quantitative methods. In this study, the entire population
was used without having to draw a research sample because the total population was not
greater than 100 respondents, namely members of the savings and loan cooperative in the
Simorejo Kepohbaru Bojonegoro hamlet, totaling 85 members. Sources of data from this study
is primary data, data collection techniques through surveys. The results of this study indicate
that customer value has no effect on member satisfaction, while service quality has no effect
on member satisfaction. Customer value and service quality affect member satisfaction. Service
quality has the most influence on member satisfaction.
Keywords : Customer Value, Service Quality, Member Satisfaction

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Iza Maulida Fauziah, Universitas Dr. Soetomo Surabaya

Fakultas Ilmu Administrasi

Andry Herawati, Universitas Dr. Soetomo Surabaya

Fakultas Ilmu Administrasi

Published
2023-03-01