IDENTITAS, LEGALITAS DAN LOKASI USAHA DALAM E-COMMERCE

  • Wilma Laura Sahetapy

Abstract

Perkembangan yang pesat dalam bidang teknologi terutama dalam penggunaan internet telah memberikan pengaruh kepada penggunaan secara menyeluruh pada banyak aspek kehidupan sehari-hari khususnya perdagangan. Posisi lemah dan kepercayaan konsumen dalam perdagangan transaksi elektronik atau disebut dengan transaksi e-commerce, perlu diberikan perlindungan hukum yang memberikan kepastian hukum. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif, yang mana lebih menggambarkan dan menganalisis data sekunder dan didukung data primer mengenai berbagai masalah yang berkaitan dengan perlindungan kosumen dalam transaksi e-commerce. Hasil dalam penelitian ini memberikan alternatif perlindungan hukum dalam transaksi e-commerce yaitu berupa identitas, legalitas dan lokasi usaha. Ketiga perlindungan tersebut terintegrasi melalui sebuah sistem yaitu Nomor pokok wajib pajak.

Kata kunci: transaksi e-commerce, perlindungan konsumen

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Halim Barkatullah, “Tinjauan Hukum Bisnis E-commerce www.sanur.co.idâ€, Tesis, Program Pascasarjana Universitas Gajahmada, Yogyakarta, 2003.

Albarda, Sistem Informasi untuk Kegiatan Promosi dan Perdagangan, Bandung: Makalah pada seminar Informasi ITB, 1997.

Didik M.Arief dan Elisatris Gultom, Cyber Law “Aspek Hukum Teknologi Informasiâ€, Bandung: PT. Rafika Aditama, 2005.

Elisatris Gultom, “Perlindungan Konsumen dalam transaksi perdagangan melalui electronic commerce†dalam Mieke Komar.

Erly Suandy, Hukum Pajak, Salemba Empat, Jakarta, 2011.

http://ryandwi5sr.worpress.com/2012/06/03/review-jurnal-perlindungan-konsumen-revisi/

Janus Sidabalok, Hukum Perlindungan Konsumen di Indonesia, (Bandung: PT. Citra Aditya Bakti, 2010.

Jay Folder dan Patrick Quirk, Electronic Commerce and The Law, Sidney: John Wiley & Sons, 2001.

Kalakota dan Whinston, Frontiers of electronic commerce, Massachusetts: Addison-wesley Publishing Company Inc, 1996.

Onno W. Purbo dan Wahyudi Aan Arif, Mengenal E-commerce, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2001.