EXTRAPOLASI https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/exp <p><strong>Extrapolasi</strong> is a peer-reviewed journal, published by Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Extrapolasi is published twice a year, in <strong>June</strong> (the last manuscript submission in<strong> March</strong>)&nbsp;and<strong> December</strong> (the last manuscript submission in September). Each edition there are seven articles. This journal gives readers access to download journal entries in pdf file format.</p> <p><strong>Extrapolasi&nbsp;</strong>is created as a means of communication and dissemination for researchers to publish research articles or conceptual articles. The Jurnal Extrapolasi only accepts articles related to Building Materials and Structures, Constructions Technology, Constructions Management, Road and Bridge Engineering, Earthquake Engineering, Geotechnical Engineering, Hydraulic Structures and Drainage, Structural Engineering, Surveying and Geo-Spatial Engineering and Transportation Engineering. The Jurnal Extrapolasi is available in both print and online. The language used in this journal is Indonesian and English.</p> en-US <p>Authors who publish with Extrapolasi agree to the following terms:</p><ol type="a"><li>Authors transfer the copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a <strong><a href="http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/" rel="license">Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License</a></strong>.. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.</li><li>Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.</li><li>Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See <a href="http://opcit.eprints.org/oacitation-biblio.html"><strong>The Effect of Open Access</strong></a>)</li></ol> retnotrimurti@untag-sby.ac.id (Retno Trimurtiningrum,) nurul-rochmah@untag-sby.ac.id (Nurul Rochmah, S.T., M.T., M.Sc) Thu, 07 Dec 2023 09:24:54 +0000 OJS 3.1.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Front Matter https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/exp/article/view/9977 Nurul Rochmah ##submission.copyrightStatement## https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/exp/article/view/9977 Thu, 07 Dec 2023 09:24:27 +0000 Pemetaan Suhu dan Tekanan Udara Terhadap Kepadatan Lalu Lintas di Ruas Jalan Wilayah Surabaya Utara https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/exp/article/view/9059 <p>Kota Surabaya merupakan kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Luas Kota Surabaya ±326,81 km<sup>2</sup>, dengan jumlah penduduk 2.880.284 jiwa (Badan Pusat Statistik Kota Surabaya). Pesatnya pertumbuhan lalu lintas di wilayah ini, mengakibatkan kemacetan di beberapa titik di wilayah Kota Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai dari pemetaan suhu dan tekanan udara terhadap kepadatan lalu lintas di ruas jalan wilayah Surabaya Utara dengan mengkaji nilai derajat kejenuhan dan Volume Kendaraan menggunakan basis data berupa Sistem Informasi Geografis (SIG). Pengumpulan data langsung ke tempat penelitian menggunakan alat bantu termometer, barometer dan counter checker. Dari hasil 13 segmen jalan diketahui kemacetan terjadi hmapir di semua tempat penelitian. Suhu dan tekanan udara mengalami kenaikan dari jam sibuk pagi dan jam sibuk sore. Pemetaan tematik menggunakan aplikasi ArcGIS menggunakan atribut polyline dan polygon.</p> Muhammad Rofelino Syah Putra, Hendrata Wibisana ##submission.copyrightStatement## https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/exp/article/view/9059 Thu, 07 Dec 2023 07:37:18 +0000 Hubungan Oksigen Terlarut Terhadap Salinitas Menggunakan Citra Satelit Landsat 8 Studi Kasus Wilayah Pesisir Kabupaten Tuban https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/exp/article/view/9081 <p>Pantai Boom yang berada di pesisir Kabupaten Tuban memiliki potensi sumber daya laut yang tinggi yang harus dijaga, dalam upaya untuk menjaga kelestarian sumber daya laut ada beberapa faktor yang harus diperhatikan salah satunya adalah Salinitas. Salinitas adalah kadar ion yang terlarut dalam air. Contohnya oksigen yang terlarut dalam air dan membentuk oksigen terlarut (Dissolved Oxygen). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sebaran salinitas dan kadar oksigen terlarut di daerah tersebut. Metode yang digunakan dalam menganalisis penelitian ini adalah dengan teknologi penginderaan jauh dengan citra satelit Landsat 8, dan melihat pengaruh hubungan oksigen terlarut (Dissolved Oxygen) terhadap Salinitas. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa sebaran kadar Salinitas pada wilayah tersebut pada tahun 2019 sampai dengan tahun 2023 yaitu pada kisaran 23‰ – 37.67 ‰. Sedangkan untuk sebaran Oksigen terlarut pada wilayah tersebut pada tahun 2019 sampai dengan tahun 2023 didapatkan nilai pesebaran antara 0.54 mg/L – 6.85 mg/L. Didapat juga nilai korelasi antara Oksigen terlarut Insitu dengan Oksigen terlarut Citra yang memiliki nilai korelasi positif cukup kuat sebesar 0.758229, nilai korelasi antara Salinitas Insitu dan Salinitas Citra yang memiliki nilai positif sedang sebesar 0.42954556, dan nilai korelasi antara Oksigen terlarut dan Salinitas yang memiliki nilai korelasi positif rendah sebesar 0.267557559.</p> Ghani Satrio Utomo, Siti Zainab ##submission.copyrightStatement## https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/exp/article/view/9081 Thu, 07 Dec 2023 07:27:02 +0000 Analisis Hubungan Volume, Kecepatan, dan Kepadatan Jalan Raya Kletek Sidoarjo Dengan Metode Greenberg dan Greenshield https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/exp/article/view/9084 <p>Jalan Raya Kletek merupakan salah satu jalan yang dikenal dengan jalur pertigaan (simpang tiga) yang menghubungkan antara Surabaya-Sidoarjo kota dan Surabaya-Madiun. Jalan Raya Kletek termasuk dalam kelas jalan kolektor dengan tipe lajur 4/2 D yang berada di kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Jalan ini merupakan jalan utama yang menghubungkan antara pusat aktivitas seperti, perekonomian, bisnis, pendidikan, pemukiman penduduk, dan lain-lain. Dalam penelitian ini, dianalisa hubungan antara ketiga komponen utama arus lalu lintas yaitu Volume, Kecepatan, dan Kepadatan dalam dua metode yaitu Model <em>Greenshield</em> dan Model <em>Greenberg</em>. Metode <em>Greenshield</em> mengasumsikan hubungan antara kecepatan dan kepadatan. Sedangkan, Metode <em>Greenberg</em> mengasumsikan bahwa arus lalu lintas mempunyai kesamaan dengan arus fluida, dan menganalisis hubungan antara, volume, kepadatan, dan kecepatan dengan mempergunakan asumsi persamaan kontinuitas dari persamaan benda cair, berbentuk logaritma. Dari hasil penelitian dan analisis data arus lalu lintas, model yang paling baik untuk menggambarkan kepadatan pada saat macet (Dj) adalah Model <em>Greenshield</em>, mendapatkan nilai 293,89 – 1315,32 smp/km, sedangkan Model <em>Greenberg</em> memperoleh kepadatan saat macet (Dj) yaitu antara 27,907 – 63,295 smp/km. Model Greenshield mendapatkan nilai volume maksimum antara 5444,98 – 11446,6 smp/jam, sedangkan Model <em>Greenberg</em>, nilai volume maksimumnya yaitu antara 0,05 – 166,69 smp/jam.</p> Reza Fadilah, Hendrata Wibisana ##submission.copyrightStatement## https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/exp/article/view/9084 Thu, 07 Dec 2023 07:39:35 +0000 Pemetaan Oksigen Terlarut Menggunakan Citra Landsat-8 Studi Kasus Wilayah Pesisir Kota Tuban https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/exp/article/view/9077 <p>Teknologi penginderaan jauh merupakan hal yang penting dalam bidang Teknik Sipil untuk mengetahui topografi bumi, siklus hidrologi, dan lain-lain. Pada penelitian ini citra satelit landsat-8 digunakan untuk mengamati seluruh permukaan bumi di bagian Utara Tuban. Pantai Boom juga memiliki potensi sumber daya laut yang tinggi yang harus dijaga. Dalam upaya untuk menjaga kelestarian sumber daya laut yang tinggi yang harus diperhatikan salah satunya adalah oksigen terlarut, semakin besar angka oksigen terlarut (DO) menunjukkan bahwa kualitas air di wilayah tersebut semakin tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sebaran oksigen terlarut di wilayah pesisir Pantai Boom Kabupaten Tuban. Metode yang digunakan dalam menganalisis kadar oksigen terlarut adalah dengan memanfaatkan teknologi penginderaan jauh dengan citra satelit Landsat 8. Hasil penelitian ini dapat mengkonfirmasi keadaan daerah pesisir Kota Tuban dari sebaran oksigen terlarut (DO). Hasil analisa menunjukkan bahwa nilai data insitu untuk oksigen terlarut sebesar 0,58 – 5,79 mg/L Klasifikasi derajat pencemaran masuk kategori tercemar ringan. Sedangkan untuk korelasi tertinggi antara data insitu dan data citra oksigen terlarut sebesar 0.654283 artinya korelasi positif sedang. Hasil analisa menggunakan uji Chi-Square H0 ditolak yang artinya ada perbedaan antara oksigen terlarut in-situ dengan oksigen terlarut citra satelit padatahun 2018 sampai dengan 2023.</p> Muhammad Fadil Pramudiansyah, Siti Zainab ##submission.copyrightStatement## https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/exp/article/view/9077 Thu, 07 Dec 2023 07:35:32 +0000 Potensi Penurunan Debit Banjir di Sungai Sepaku Akibat Pembangunan Bendungan Sepaku Semoi https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/exp/article/view/9682 <p><em>The high rainfall in the Sepaku DAS is one of the factors causing the flooding in the River Sepaku. The heavy rain often resulted in the flooding of residents' houses and public facilities. Less water reservoirs and unavailable sustainable drainage systems are some of the causes of flooding in the region. To address the flood problems, the government plans to build a dam to control flooding and increase the need for raw water in the Penajam Paser Utara district, especially in the Sepaku district. In line with this, research has been carried out to obtain a reduction in flood discharge due to the awakening of the Sepaku Semoi Dam.&nbsp;This study analyzed maximum daily rainfall data from the past decade, land cover and soil types, and flood discharge using HEC-HMS with validated results.&nbsp;The next step is the analysis of the flood water's high surface and the dam's area using the HEC-RAS program with 2D modeling.&nbsp;Modeling shows that Sepaku Semoi Dam reduces flood discharge, height, and volume. Drainage was decreased by 48,450%, flood height was lowered to 0.45 m, and volume was decreased by 5,080.8 m<sup>3</sup>. The flooded area also fell by 9,144 ha.</em></p> Rossana Margaret Kadar Yanti, Andi Andi Patriadi, Novilanny Appleangeline Rompis, Muhammad Fajrin Wahab ##submission.copyrightStatement## https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/exp/article/view/9682 Thu, 07 Dec 2023 07:43:00 +0000 Analisis Kerusakan Jalan Beserta Penanganannya Dengan Menggunakan Metode Bina Marga Pada Jalan Mastrip Surabaya https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/exp/article/view/9854 <p><em>Salah satu prasarana transportasi adalah jalan yang merupakan kebutuhan pokok dalam kegiatan masyarakat. Hal ini dikarenakan jalan sebagai bagian prasarana transportasi yang mempunyai peran penting dalam bidang masyarakat. Jalan Mastrip merupakan jalan yang strategis karena jalan ini menghubungkan Surabaya, Sidoarjo, Krian, dan Gresik. Akan tetapi sering terjadi kerusakan jalan yang parah di sepanjang jalan ini, sehingga mengakibatkan kurangnya tingkat kenyamanan pengemudi, kemacetan lalu lintas, dan keresahan masyarakat sekitar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kerusakan yang terjadi pada Jalan mastrip dan mengetahui tingkat kerusakan jalan pada Jalan Mastrip Surabaya beserta pengangannya. Survey primer yang dilakukan yaitu survey kerusakan, dan survey lalu lintas harian rata- rata (LHR). Dari hasil penelitian ini menunjukkan kerusakan jalan yang ditemukan pada ruas jalan Mastrip, Surabaya adalah tambalan, retak, lubang, dan amblas. Setelah dilakukan analisa perhitungan menggunakan metode Bina Marga maka didapat nilai urutan prioritas yang didapatkan adalah 10. Untuk jalan dengan nilai &gt; 7 masuk kedalam program pemeliharaan rutin.</em></p> Akbar Bayu Kresno Suharso, Novitasari Novitasari; Utari Khatulistiani ##submission.copyrightStatement## https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/exp/article/view/9854 Thu, 07 Dec 2023 07:32:29 +0000 Studi Kelayakan Pembangunan Flyover Pada Persimpangan Bulak Kapal Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/exp/article/view/9679 <p>Kota Bekasi merupakan salah satu daerah Kawasan Industri terbesar di Indonesia, namun kemacetan menjadi masalah utama di Kota Bekasi terutama pada persimpangan Bulak Kapal. Hal ini dapat mengganggu aktifitas pergerakan orang, barang, bahkan jasa. Tujuan dari penelitian ini untuk &nbsp;mengetahui tingkat kapasitas lalu lintas pada Persimpangan, mengetahui penyebab kemacetan di persimpangan, dan mengkaji kelayakan pembangunan fly over Bulak Kapal Bekasi Timur, Kota Bekasi Jawa Barat. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini yaitu &nbsp;menghitung &nbsp;tingkat volume lalu lintas, tingkat kapasitas kendaraan pada ruas jalan persimpangan Bulak Kapal, analisis tingkat kinerja jalan berupa Derajat Kejenuhan (DS), analisis perhitungan Biaya Operasional Kendaraan (BOK), analisis Benefit Cost Ratio (BCR) dan analisis Net Present Value (NPV). Hasil dari penelitian ini yaitu pada kondisi eksisting Tahun 2018 nilai DS 1,33 &gt; 1 pada jam sibuk sore hari 16.00 - 17.00 dan DS 1,04 &gt; 1 pada jam sibuk pagi hari 06.00 - 07.00, maka kinerja jalan sudah hampir tidak berfungsi dengan baik. Jika dilihat dari hasil perhitungan dan analisis maka dapat disimpulkan bahwa pembangunan flyover pada Persimpangan Bulak Kapal layak dari segi lalu lintas. Dengan nilai BCR 1,960 &gt; 1 dan NPV Rp 6.784.660.602,07 &gt; 0.</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;<strong>Kata Kunci :</strong> Analisis ekonomi, Analisis kinerja jalan, flyover Bulak Kapal</p> Muhammad Dzul Fahmi, Akhmad Maliki ##submission.copyrightStatement## https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/exp/article/view/9679 Thu, 07 Dec 2023 07:45:46 +0000 Back Matter https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/exp/article/view/9976 Nurul Rochmah ##submission.copyrightStatement## https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/exp/article/view/9976 Thu, 07 Dec 2023 09:17:14 +0000