Pengembangan Kompetensi Jabatan Fungsional Analis Pertahanan Negara di Lingkungan Kementerian Pertahanan

  • Nurina Nirmala Politeknik STIA LAN Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan bentuk pengembangan kompetensi pegawai pada jabatan fungsional Analis Pertahanan Negara di lingkungan Kementerian Pertahanan. Peneliti menemukan indikasi permasalahan yang terjadi pada jabatan fungsional Analis Pertahanan Negara terkait adanya gap antara kompetensi yang dimiliki individu dengan standar kompetensi jabatan yang ditetapkan dilihat dari kompetensi teknis, manajerial dan sosial kultural, dan minimnya pengembangan kompetensi yang disediakan oleh organisasi dimana bentuk pengembangan pegawai yang diselenggarakan masih bersifat umum belum spesifik menyasar pada kompetensi yang dibutuhkan pengampu jabatan, hal ini akan berdampak pada prestasi kerja yang dihasilkan terutama pada ketajaman analisis potensi kerawanan dan ancaman negara yang dihasilkan. Kompetensi inilah yang seharusnya secara periodik ditingkatkan agar terjaga dan semakin optimal kemampuannya melalui pengembangan kompetensi. Metode yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik analisis data kualitatif bersifat interaktif dan dilakukan secara terus menerus melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/validasi. Pengumpulan data dilakukan melalui studi literatur, studi lapangan, observasi dan wawancara informan yang berkaitan dengan pengembangan kompetensi JF Analis Pertahanan Negara. Pada penelitian ini diasumsikan bahwa pengembangan kompetensi JF Analis Pertahanan Negara dilakukan dengan beberapa aspek yaitu pengetahuan, keterampilan dan sikap. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa untuk meningkatkan kualitas pengetahuan JF Analis Pertahanan Negara melalui pendidikan formal, pendidikan fungsional dan perjenjangan. Pengembangan keterampilan yang relevan bagi pegawai analis pertahanan negara berupa pelatihan teknis, manajerial, seminar, workshop, magang studi banding, pembimbingan, job enrichment, perputaran pegawai dan pelatihan sosial. Sedangkan untuk mengembangkan sikap dapat ditingkatkan melalui pembelajaran secara intensif dan memberikan kesempatan dan peluang terlibat dalam kajian dan forum kerja baik nasional maupun internasional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Creswell, J. W. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pt. Pustaka Pelajar.
Dessler, G. (2017). Human Resource Management. England: Pearson Education Limited, Inc.
Faisal, M., Burhanuddin, & Ibrahim, S. (2020). Analisis Pengembangan Kompetensi Pegawai Pada Dinas Pendidikan Di Kota Makasar. Pallangga Praja Volume 2, No 1
Gaol, J. L. (2014). A to Z Human Capital : Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Grasindo.
Hasibuan, M. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Lo, Y. S. (2012). Managerial Capabilities, Organizational Cultural and Organizational Performance The resource-based perspective in Chinese lodging industry. The Journal of International Management Studies, Volume 7 Number 1
Moleong, J. L. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakaya.
Noe, R. A. (2017). Employee Training and Development. New York: McGraw-Hill Education.
Prasetyoningtyas, A. A., Sutanto, S., & Tippe, S. (2020). How Employee Competency and Self Efficacy Affect Employee Work Engagement in Human Resource Development Agency Ministry Law and Human Rights Republic of Indonesia. International Journal of Human Capital Management Vol. 4 No. 2, 125-140.
Sedarmayanti. (2009). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Penerbit Mandar Maju.
Smith, A. (2000). Training and Development In Australia (2 ed.). Australia, Australia: Reed International Books Australia Pty Buuterworths.
Spencer, L. M., & Spencer, S. M. (1993). Competence at Work: Models for Superior Performance. New York, USA: John Wily & Son,Inc.
Sulistyo, B. (2006). Metode Penelitian. Jakarta: Wedatama Widya Sastra dan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia.
Suraj, B. (2012). Managing Intellectual Capital in Nigerian Telecommunications Companies. Journal of Intellectual Capital Volume 13, 264.
Published
2023-12-31