The Sociogram Application Prototype as an Infrastructure for Mapping Conflicts in Work Relations

  • Dr. Muhammad Ghazali Bagus Ani Putra, Psi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan dan menguji coba prototype berbentuk aplikasi sosiogram yang dapat memetakan konflik dalam relasi kerja. Penelitian ini berbasis kepada analisis peta konflik sosiogram manual yang terjadi di setting tersebut. Dengan analisis manual tersebut maka akan dihasilkan prototype berbentuk aplikasi sebagai infrastruktur pemetaan konflik sehingga dihasilkan analisis yang tepat, cepat serta rekomendasi berdasarkan hasil analisis aplikasi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus multi kasus. Berbekal jenis studi kasus ini maka diharapkan dapat menghasilkan pola interaksi dalam relasi kerja yang diintegrasikan melalui aplikasi sosiogram. 42 karyawan sample partisipan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling, yaitu informasi yang didapatkan dari masing-masing cluster pada setting telah terwakili dan sudah berpola.

Downloads

Download data is not yet available.

References

De Dreu, C KW, dan Gelfand, M. J. 2007. The Psychology of Conflict and Conflict Management in Organizations. New York: Lawrence Erlbaum Associate.

Dobbie, F., Reith, G., and McConville, S. 2018. Utilising Social Network Research in Qualitative Exploration of Gamblers’ Social Relationships. Sage Journal.

Fiske, A. P. 1991. Structures of social life: The four elementary forms of human relations: Communal sharing, authority ranking, equality matching, market pricing. Free Press.

Fukuyama, F. 1995. Trust: The Social Virtues of The Creation of Prosperity, New York: Free Press Paperbacks.

Kondalkar, VG. 2007. Organizational Behavior. New Delhi: New Age International Limited Publisher.

Moskowitz, Gordon B. (2005). Social cognition: understanding self and others. Guilford Press. p. 421. ISBN 978-1-59385-085-2. Retrieved 24 March 2011.

Myers, D. G. 2002. Social Psychology, Michigan, USA: Hope College.

Poerwandari, E. K. 2007. Pendekatan kualitatif untuk penelitian perilaku manusia. edisi ketiga. Jakarta : LPSP3 Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Pondy, L.R., quarterly Sept.1969, Organization Conflict, Concepts and Models, administrative science, pp 296-320.”

Robbins, S. R. 2001. Organizational Behaviour, Ninth Edition, New Delhi: Prentice Hall

Sobieski, C., & Dell‘Angelo, T. 2016. Sociogram As a Teaching and Learning; Discoveries from a Teacher.

Published
2024-06-30
Section
Articles