Motivasi memperoleh penghasilan tambahan di luar jam dinas dan loyalitas prajurit TNI

  • Anjar Tri Wibowo Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Sahat Saragih Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat hubungan antara motivasi memperoleh penghasilan tambahan di luar jam dinas dengan loyalitas prajurit TNI. Adapun hipotesis yang diajukan ialah ada hubungan negatif antara motivasi memperoleh penghasilan tambahan di luar jam dinas dengan loyalitas anggota TNI. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 64 prajurit TNI yang masih aktif dan tinggal di Surabaya dan sekitarnya. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala motivasi memperoleh penghasilan tambahan dan skala loyalitas prajurit yang selanjutnya dianalisis dengan teknik korelasi product moment dengan program Statistic Package for Sosial Science for Windows (SPSS) 20.0 untuk membuktikan hipotesis. Hasil analisis uji hipotesis diperoleh koefisien korelasi Pearson (rxy) =  -0,452 pada taraf signifikansi (p) = 0,000 (p<0.01). Hal tersebut membuktikan bahwa ada hubungan negatif, antara motivasi memperoleh penghasilan tambahan di luar jam dinas dengan loyalitas anggota TNI. Hasil kuadrat pada nilai koefisien korelasi diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 0,204 yang berarti bahwa motivasi memperoleh penghasilan tambahan pada prajurit TNI memberikan sumbangan efektif terhadap loyalitas prajurit TNI sebesar 20,7%.

Kata kunci: motivasi, loyalitas, penghasilan tambahan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azwar, S. (2010). Validitas dan Reliablitas. Edisi ke-1. Cetakan ke-5. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Chuck, Williams. (2005). Management. Texas: Texas Christian University, Thomson South-Western, 3rd edition.

Hadi, Sutrisno. (2002). Statistik 2. Yogyakarta : Yayasan penerbitan Fak. Psikologi UGM.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. (2009). Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: PT. Refika Aditama, Cetakan Keempat

Nugroho, Riyadi. (2014). Pengaruh Kompensasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Motivasi Dan Disiplin Kerja Prajurit Di Satuan Kerja KRI X Armada RI Kawasan Timur. Jurnal Magister Manajemen, Vol 1, No 01

Publikasi Umum TNI AL (PUM-6.02.007). 2012. Buku Petunjuk Teknis Pemberian Tunjangan Kinerja Bagi Prajurit dan PNS di Lingkungan TNI Angkatan Laut. Penge-sahan Keputusan Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Nomor Kep/1654/XI/2012. Tanggal 6 November 2012.

Robbins, S.P (2012). Perilaku Organisasi 1. (Edisi 12). Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Safitri, M. Judith (2006), Hubungan antara motivasi bekerja sampingan dengan kedisiplinan prajurit Yon 510 Banteng Raiders Surabaya. Skripsi, tidak diterbitkan. Fakultas Psikologi Surabaya.

Siagian, Sondang P. (2006), Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan ketiga belas, Bumi Aksara, Jakarta.

Sihontang, Kitaran (2013). Struktur dan kultur dominasi: relasi agensi dan struktur dalam pembentukan kultur prajurit TNI Angkatan Darat pada era reformasi. Disertasi Doktor Ilmu Sosial, Yogyakarta : Universitas Gadjah Mada.

Suryabrata, S (2008), Metode Penelitian. Jakarta Raja Grafindo Persada.

Published
2018-06-30
Section
Articles